Sumber Air Bersih, Sumber Air Minum, Sumber Kehidupan


Air

Air sudah menjadi kebutuhan primer bagi kebutuhan hidup kita. Bahkan bisa dibilang kalau air itu sebagai sumber kehidupan. Tak ada makhluk hidup yang tidak membutuhkan air, pasti semua membutuhkan air. Apa jadinya kalau  dunia ini kekurangan air atau bahkan tidak ada air? Mungkin bumi ini sudah tidak dihuni lagi oleh berbagai macam makhluk hidup. Peran air pada kehidupan ini ternyata sangatlaht penting.

Apa saja peran penting air itu? Dalam kehidupan sehari-hari kita tentu tidak lepas dari pemakaian air. Sebagai contoh, air sangat diperlukan untuk kebutuhan rumah tangga seperti mencuci, mandi, memasak, mengepel, dan lainnya. Air juga diperlukan di dalam tubuh kita , yang biasa kita gunakan sebagai air minum. Seperti apa manfaat air di dalam tubuh kita? Yuk kita simak.

Manfaat Air di Dalam Tubuh

Peran air di dalam tubuh juga tidak kalah penting. Ini dia beberapa manfaat air yang dikonsumsi untuk tubuh kita:

  • Sebagai air minum

Kita makan untuk hidup, bukan hidup untuk makan. Pernah mendengar kalimat tersebut kan? Ya, kita makan untuk berusaha hidup, bukan menjalani hidup hanya untuk makan saja. Dengan makan tentu kita akan meningkatkan stamina. Makan tidak lengkap kalau tidak ada temannya yaitu air. Minum air juga tidak kalah penting dari makan. Minum air bersih yang cukup membuat metabolisme dalam pencernaan menjadi lebih baik. Metabolisme yang baik tentu akan memicu kesehatan pada tubuh kita.

  • Sebagai daya tahan tubuh

Air juga akan meningkatkan daya tahan tubuh. Air dapat menaikkan simpanan glycogen, yaitu bentuk dari karbohidrat yang digunakan sebagai energi pada saat bekerja sehingga air yang cukup mampu membuat kita bekerja lebih berat. Dan air juga bisa menjadi penangkal letih.

  • Sebagai pencegah lapar

Terkadang kita pernah merasakan perut yang lapar bisa hilang karena minum air. Minum air yang berlebihan sebelum makan juga bisa mengurangi rasa lapar. Ini membuktikan bahwa air memberikan efek rasa kenyang yang bisa menjadi pencegah lapar.

  • Sebagai pengurang resiko terhadap penyakit

Pernah tidak mendengar saran dokter kalau kita sedang sakit? Apa yang dikatakannya? “Minum obat, makan sayur dan buah, dan jangan lupa banyak minum air ya”. Tidak hanya dokter, orangtua kita sendiri juga pasti bilang seperti itu. Berarti air diyakini sudah menjadi penangkal sekaligus pengurang resiko beberapa penyakit. Batu ginjal, kanker saluran kencing, kanker kandung kemih, kanker usus besar sembelit dan migrain adalah beberapa contoh penyakit yang resikonya bisa dikurangi dengan meminum air.

  • Sebagai pelembab wajah

Sayang dengan wajah kamu? Mau perawatannya yang alami dan tidak ribet? Nah, ini jawabannya. Dengan minum banyak air, wajah kita akan menerima dampak positifnya. Garis-garis dan kerut pada wajah akan berkurang dan air membantu kulit tetap kenyal dan kencang.

Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Setelah bangun tidur di pagi hari, tentu tubuh kita menjadi kembali bugar. Bugarnya di pagi hari bisa menjadi lebih lengkap dengan minum air putih hangat. Apa manfaat yang di dapat dari minum air putih hangat di pagi hari? Ini dia manfaatnya:

  1. Pembersihan dan pemurnian
  2. Menyembuhkan sembelit
  3. Menurunkan berat badan
  4. Obat untuk flu dan batuk
  5. Mengeluarkan keringat
  6. Meningkatkan aliran darah
  7. Mengurangi nyeri

Nah itu tadi manfaat air yang bisa kita rasakan. Kesimpulan yang dapat kita ambil bahwa dengan meminum air maka kesehatan di dalam tubuh kita akan terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit.

Jika Air Menjadi Langka

Pernah tidak berpikir kalau air bersih menjadi langka? Wah, sudah pasti kita menjadi panik, bingung harus mencari air bersih dimana. Kegiatan yang berhubungan dengan air pasti juga akan berhenti total.

IMG-20121215-00866

Nih aku beri contohnya. Tidak usah mencari contoh jauh-jauh, minggu-minggu ini pemukimanku di daerah pinggir Kota Medan terjadi kelangkaan air. Kita bisa lihat gambar diatas, warga mengantri untuk mendapatkan air. Hampir dari pagi sampai malam air tidak ada yang keluar. Ini membuat kegiatan rumah tangga menjadi kacau-balau. Cuci baju, cuci piring, sampai mandi pun tidak bisa dilakukan. Kejadian ini juga membuat kami sadar bahwa air itu sangat penting. Ketika air mengalir keluar dari keran, rasa senang pun muncul walaupun air yang keluar hanya sebentar. Mungkin saat ini, air menjadi hal yang membuat kami senang dikarenakan air menjadi langka.

Air tanah pun tidak bisa diandalkan. Di kawasanku ini air tanahnya tidak terlalu bersih, bau dan sedikit keruh. Mungkin jika warga menggunakannya untuk air minum bisa berpotensi terkena penyakit. Paling tidak bisa terkena diare atau cacingan. Air yang tidak bersih dan langka membuat kami semakin was-was.

Kita mungkin sering membuang-buang air, dan kadang terlalu over dosis menggunakannya. Tapi dengan merasakan langkanya air ini membuatku sadar bahwa air sangat penting. Kita hanya cukup menggunakan air seperlunya saja. Aku juga berharap kita semua bisa ikut melestarikan air yang ada dan bersama menjaganya. Jangan sampai banyak orang ikut merasakan langkanya air ini.

Bahaya Air Mineral Kemasan

Sudah tahu manfaat air minum kan? Nah, dibalik manfaatnya ternyata ada bahaya mengintai. Bahaya apa itu? Bahaya itu ternyata ada di air mineral kemasan. Seperti apa? Mari kita lihat.

1. Buat Bibir Cepat Keriput

Saat meneguk air dari botol, bibir secara spontan akan mengerut untuk menyesuaikan dengan lebar lubang botol. Gerakan mengerut inilah yang bisa menyebabkan kerutan pada bibir. Jika terus menerus dibiasakan minum air dari botol selama lebih kurang dua tahun, kerutan yang tampak pada bibir ini bisa menjadi permanen.

2. Bisa Memicu Obesitas

Kemasan plastik yang digunakan untuk diisi air mineral ternyata mengandung zat kimia. Zat kimia itu adalah bisphenol A (BPA). Berdasarkan sebuah laporan bahwa BPA bisa ‘menipu’ tubuh untuk meningkatkan lebih banyak lemak dan dapat membuat produksi insulin (cara tubuh mengatur lemak dan karbohidrat) bertambah. Sehingga jika terlalu banyak insulin, maka tubuh menjadi ‘kebal’ terhadap dampaknya, yaitu kenaikan berat badan dan diabetes tipe 2.

3. Mulut Galon Air Mengandung Bakteri

Setiap pembelian galon air pasti kita diberikan tisu yang mengandung alkohol. Tisu ini gunanya untuk membersihkan galon agar bakteri yang ada pada galon tersebut mati. Bakteri yang harus dibunuh adalah di bagian mulut galon karena mulut galon akan masuk ke dalam dispenser. Jadi tisu sebaiknya terlebih dahulu dilap di bagian mulut galon, bukan badan galonnya. Karena selama ini masih banyak orang yang hanya mengelap badan galonnya saja.

Tiga bahaya tersebut mengintai kita kapan saja. Tinggal cara kita menggunakan dan mengontrol pemakaian air mineral kemasan yang bisa membuat kita terhindar dari bahaya tersebut.

Kelestarian Sumber Air Minum Bersih dan Solusinya

Untuk melestarikan sumber air bersih yang bisa kita gunakan untuk air minum tentu sangat penting. Salah satu contohnya bisa menggunakan air pegunungan. Air pegunungan yang sejuk dan jernih menjadikannya sebagai pilihan untuk air minum. Namun, bagaimana kita melestarikannya?

  1. Menjaga keasrian
    Disini kita bisa menjaga keasrian pegunungan dengan tidak merusak alam sekitar seperti menebang pohon, membuat proyek besar-besaran, dan lain sebagainya. Kalau alamnya saja sudah rusak, pasti sumber air pun ikut rusak.
  2. Tidak serakah
    Maksud dari tidak serakah adalah jangan mengambil air terlalu banyak. Ambillah air dari sumber secukupnya saja, tidak perlu berlebihan dan gunakan sebaik-baiknya.
  3. Menjaga kebersihan
    Kebersihan lingkungan di sekitar sumber air juga tidak kalah penting. Menjaga kebersihannya bisa dilakukan dengan tidak membuang sampah di sumber airnya. Kalau lingkungan kotor, maka otomatis air yang dihasilkan juga kotor.

Itu tadi gambaran secara umum untuk menjaga kelestarian sumber air minum kita. Tidak hanya di pegunungan, sumber air bersih dimana pun berada juga patut dijaga kelestariannya. Sehingga sehat kita dapat terjaga.

Tetapi ada tidak ya cara mendapatkan air minum bersih yang aman? Tentu bebas bakteri, murah, dan tidak ribet. Cek sana cek sini ternyata PT Unilever Indonesia Tbk mengeluarkan inovasi terbarunya berupa produk dengan teknologi canggih dan modern yang menghasilkan air minum bersih yang bebas dari kuman berbahaya. Produk apakah itu? Produk tersebut bernama Pureit sebagai water purifier (pemurni air). Penasaran tentang Pureit? Mau tau lebih banyak? Yuk kita bahas bersama.

Tentang Pureit

Pureit

Pureit adalah cara mudah, praktis dan dengan harga yang terjangkau untuk mendapatkan air minum yang terlindungi dari kuman berbahaya. Pureit menghilangkan virus, bakteri, dan parasit berbahaya serta menghilangkan kotoran di dalam air  sehingga air yang dihasilkan jernih, tidak berbau dengan rasa yang alami.

Apa kelebihan Pureit? Nah, disini Pureit memeiliki banyak kelebihan, yaitu:

  • Sangat praktis. Hanya memasukkan air ke dalam alat dari bagian atas, Pureit akan memurnikan air untuk siap minum.
  • Tidak memerlukan gas, listrik, dan saluran pipa.
  • Biaya penggunaan yang lebih murah.
  • Air terlindungi dari kuman berbahaya penyebab penyakit dengan menggunakan standar terketat EPA (Environmental Protection Agency) USA yang menghilangkan log 6 bacteria, log 4 virus, dan log 3 parasites.
  • Pureit memiliki indikator yang dapat menunjukkan lebih awal kapan perlu mengganti Germkill Kit (mekanisme penghentian otomatis).
  • Kapasitas hingga 9 liter di top chamber ditambah 9 liter di transparent chamber.
  • Garansi satu tahun.

Tahap Pemurnian Air

Pureit bisa mengubah air PAM atau air tanah menjadi air minum yang sehat dan bebas dari kuman berbahaya. Bagaimana caranya? Pureit mempunyai 4 tahap pemurnian air. Tahap tersebut adalah:

proses

1. Saringan Serat Mikro

Menghilangan kotoran yang terlihat.

2. Filter Karbon Aktif

Menghilangkan parasit dan pestisida berbahaya.

3. Prosesor Pembunuh Kuman

Menghilangkan bakteri dan virus berbahaya yang tidak terlihat dalam air dengan bantuan ‘programmed disinfection technology’.

4. Penjernih

Membuat air jernih, tidak berbau dengan rasa yang alami.

Fitur Tambahan Pureit

fitur tambahan

  • Pureit Germkill Life Indicator

Indikator ini akan mengingatkan kita beberapa hari sebelum penggantian Germkill Kit dilakukan. Sehingga kita tidak perlu setiap hari memantau Germkill Kit, cukup memperhatikan indikatornya saja.

  • Mekanisme Penghentian Otomatis

Jika Germkill Kit tidak diganti pada waktunya, mungkin karena lupa atau sedang sibuk maka Pureit secara otomatis akan menghentikan aliran air sampai penggantian dilakukan. Penghentian air tersebut dilakukan sehingga air akan meluap dari Germkill Life Indicator. Jadi tidak perlu cemas jika air yang diminum tidak bersih karena prosesnya sudah aman.

Sertifikasi

Masih belum percaya dengan teknologi canggih dari Pureit? Tenang saja, Pureit sudah membuktikan keamanannya dengan memenuhi kriteria ketat internasional dari Environmental Protection Agency (EPA), Amerika Serikat, untuk menghilangkan bakteri dan virus berbahaya. Pureit juga mendapatkan sertifikat dari lembaga ilmu pengetahuan di Asia dan Eropa seperti:

  1. UGM, ITB, IPB untuk kinerja Pureit
  2. Sucofindo untuk kinerja Pureit
  3. Scottish Parasite Diagnostic Laboratory, Glasgow, Inggris
  4. Indian Public Health Association
  5. London School of Hygiene and Tropical Medicine (University of London), Inggris

Sudah jelas kan? Ini membuktikan bahwa Pureit mampu menghasilkan air minum bersih yang aman untuk dikonsumsi.

Pureit, Perlindungan Menyeluruh dari Kuman

pureit

Kita sudah membahas seluk-beluk tentang Pureit. Untuk panduan pemasangan Pureit bisa lompat ke sini atau jika ingin mengetahui lebih dalam tentang Pureit bisa langsung membuka website resminya di http://www.pureitwater.com/ID/

Seperti yang diuraikan sebelumnya, air merupakan sumber kehidupan. Air sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Kondisi air juga mempengaruhi kesehatan di dalam tubuh kita, apakah air itu bersih atau tidak. Maka dari itu, menjaga kelestarian sumber air minum perlu kita jaga terus menerus. Seperti yang dijelaskan tadi, kita bisa melakukan kelestarian sumber air minum dengan 3 cara. Menjaga kelestariannya berarti menjaga keamanan kesehatan kita. Itulah pentingnya air bersih untuk kita konsumsi agar terhindar dari berbagai penyakit.

Pureit memberikan solusi kepada kita semua. Berbagai keunggulan telah dimiliki oleh produk PT Unilever Indonesia Tbk ini. Dengan adanya Pureit, kita tidak perlu lagi cemas dan ragu untuk mendapatkan air minum yang bersih dan sehat. Teknologi Pureit berhasil membuat air biasa menjadi bersih dan bebas dari berbagai kuman berbahaya sehingga layak untuk dikonsumsi.

Terimakasih Pureit, kini masyarakat Indonesia bisa menikmati air minum bersih yang sehat tanpa harus ribet, ragu, dan tentunya bisa menikmatinya dengan biaya yang lebih murah.

Referensi:

http://www.pureitwater.com/ID/

http://www.kamusilmiah.com/kesehatan/manfaat-air-dalam-kehidupan/

http://health.detik.com/read/2012/09/06/074108/2009604/766/ini-manfaatnya-minum-air-putih-hangat-di-pagi-hari

http://wolipop.detik.com/read/2012/05/07/084446/1910572/1135/3-bahaya-mengintai-di-balik-air-mineral-kemasan

Dokumen Pribadi

Silahkan Komentarnya, Mumpung Gratis

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s