Tinggi Raja, Kawah Putih Ala Sumatera Utara


tinggi raja 1

Jalan-jalan? Ikut coyyy!! Lumayan mengurangi bahkan menghilangkan rasa penat kegiatan kita sehari-hari. Tak lain tak bukan, tentu jalan-jalannya dengan melihat dan mengagumi keindahan alam. Bukan jalan-jalan ke mall, taman ria, taman bermain, pasar malam, dll :mrgreen: Jalan-jalan kali ini ada hubunganna dengan air panas dan perbukitan. Letaknya di Sumatera Utara, kira-kira di sebelah tenggaranya kota Medan. Apa nama tempatnya? Namanya adalah..Tinggi Raja.

UPDATE : lebih lengkapnya silahkan kunjungi blog travel saya di bebaslepas.com di artikel ini: http://bebaslepas.com/2014/09/11/tinggi-raja-kawah-putih-dengan-airnya-yang-biru/

Yakk, penampakannya kayak gambar diatas. Kalau gambarnya kurang bagus, harap maklum ya karena diambil pake kamera Handphone. Sebenarnya sih ini tempat wisata yang udah ada dari dulu. Tapi baru ke-expose akhir-akhir ini jadi gak heran banyak yang upload fotonya lagi di Tinggi Raja. Saya sih udah beberapa minggu yang lalu kesana, tapi baru sempat berbagi tulisan sekarang :D

Oke langsung aja kita berangkat bos! Saya berangkat rame-rame, di pandu sama grup penjelajah gitu. Jaraknya lumayan jauh, hampir 100km dari kota Medan. Cukup menantanglah bagi para rider motor kalau pengen kesana. Kenapa saya bilang begitu? Karena selain jaraknya yang jauh, ada trek berbatu plus lumpur yang akan dilalui dalam perjalanan menuju kesana. Kalau mau enak ya naik mobil, tinggal duduk adem ayem ngeliatin sekeliling. Tapi kalau yang pengen mendapat feel berkendaranya, silahkan naik motor.

Jalur yang dilalui menuju Tinggi Raja gak terlalu sulit. Dari Medan kita menuju Amplas – Lubuk Pakam – Dolok Masihul – Galang. Ketika ketemu tugu di perempatan kota Lubuk Pakam, langsung putar setir berbelok ke kanan (arah dolok). Nah gak jauh dari sini (sekitar belasan kilometer) nanti ketemu pertigaan yang kalau belok ke kanan akan menuju arah Galang. Setelah belok kanan, ikuti saja jalannya sampai menuju pertigaan lalu belok ke kiri yang nantinya akan menuju Tinggi Raja. Pertigaan ini sulit menandainya karena gak ada papan yang menunjukkan arah lokasi ke Tinggi Raja. Jadi, sebagai traveller yang baik, gunakan GPS manual (baca: tanya sama penduduk sekitar :mrgreen: )

Dari Lubuk Pakam menuju Galang, jalannya sedikit berlubang. Lubangnya gak jauh beda lah sama aspal kropos yang ada di pinggiran kota Medan :mrgreen: Tapi setelah belok kiri di pertigaan menuju Tinggi Raja, disitulah kendaraan diuji. Yang tadinya beraspal, ban langsung berhadapan dengan jalanan full bebatuan. Kalau bisa sih jangan naik motor matik, kasian motornya. Emang sih bisa aja… tapi bakalan kasihan deh kalau dipake kesana. Jalanan tanjakan terjal, turunan curam, berlumpur, bikin kita harus ekstra hati-hati. Gak jarang juga di kiri kanan jalanan ada jurangnya.

Ada beberapa tanjakan yang tidak bisa dilewati motor dengan berboncengan. Kebetulan saya naik motor, matik pula :D jadi yang saya bonceng saya suruh turun dulu… soalnya bakalan gak tarik. Jadi para boncengers yang pengen kesana harap sabar-sabar aja ya hehe.

Oke setelah 3 jam lebih perjalanan…akhirnya sampai juga. Parkirkan motor di tempat parkir, ngumpul bentar, lalu langsung jalan menuju lokasi. Jalan kaki dari tempat parkir menuju tempatnya gak jauh kok. Cuma naik bukit dikit udah sampai.

tinggi raja 7

Udah sampai di puncaknya,kepala noleh ke kiri dan…. Subhanallah… indah! Airnya biru, ada asap putih yang menandakan kalau itu air panas, pasir-pasirnya.. Wow! Luar biasa ciptaan Yang Maha Kuasa. Setelah makan siang karena capeknya diperjalanan, langsung dilanjutkan dengan sesi foto-foto :mrgreen: Ternyata yang datang rame coy! Mau foto aja susah karena spot-spot yang bagus masih dipake orang lain untuk berpose. Datang pelan-pelan…Salip! langsung ambil foto-foto sekitarnya. Indah sekali… Inilah kawah putih ala Sumatera Utara..

tinggi raja 2

tinggi raja 3

IMG-20131117-01868

Udah puas foto-fotonya, lanjut ke tempat lain. Ternyata dibalik kawah ini ada sungainya. Langsung menuju ke TKP, jalan turun menuruni anak tangga. Anak tangganya gak jauh beda kalau mau pergi ke air terjun Sipiso-Piso. Gak lama menuruni anak tangga, sampailah ke TKP. Tapi masih belum di sungai, masih di atas batu karang besar. Disini banyak orang yang berjualan. Kalau mau ke sungai, turun kagi pake tangga ke bawah. Kebetulan saya liat sungainya banyak orang yang mandi. Rame coooyy… niat mau ke sungainya jadi hilang. Mending duduk istirahat aja diatasnya.

tinggi raja 4

Diatasnya juga ada air panas gitu. Banyak juga yang jadiin spot foto-foto. Yaudah deh saya disini aja, sambil foto-foto :mrgreen: Setelah itu naik lagi ke atas menuju parkiran. Waktu udah sore, jadi kami putuskan untuk segera pulang.

Oke, naik motor, semua udah siap, langsung berangkat menuju Medan. Eeehh gak jauh dari situ ketemu lagi spot cantik. Parkirkan motor lagi, terus menuju ke tempat yang bentuknya macam  kawah gunung berapi tapi edisi super kecil. Dari kawahnya keluar air panas dan asap putih. Widih, emang apa ya? jalan terus kesana dan ternyata….jreng jreng…

tinggi raja 5

Subhanallah… cantik sekali! Airnya biru, gak tau tuh seberapa dalamnya. Airnya terus keluar dari dalam kawah kecil itu. Niat mau pulang, ditahan bentar..foto-foto dulu :mrgreen: Ini salah satu keunikan juga di daerah Tinggi Raja. Tapi di tepi kawahnya sepertinya udah mulai tipis. Jadi mungkin jangan terlalu banyak orang yang menumpuk disitu, apalagi duduk di bibir kawah. Bisa-bisa malah amblas ke dalam….

Tinggi raja pun selesai dijalani. Indahnya lokasi bikin lupa penatnya aktifitas sehari-hari. Nah saya akan coba bagikan berapa biaya kira-kira yang dihabiskan dalam perjalanan ke Tinggi Raja:

  1. Bensin: 40 Ribu Pergi-Pulang. Saya naik motor, kalau naik mobil belum tau biaya bensinnya :D
  2. Parkir: 5 Ribu. Cukup bayar parkir saja di TKP. Gak ada biaya operasional lainnya.
  3. Makan Siang: 10 Ribu. Saya dan teman-teman beli makanan dari Medan. Lebih enak lagi bawa bekal dari rumah karena di Tinggi Raja gak ada yang jual makanan. Yang dijual hanya snack ringan saja.

Gimana? Udah Lumayan murah lah untuk bisa jalan-jalan nikmati alam. Selagi ada kesempatan, kenapa gak mencobanya? Ya nggak? Okelah, selamat berkunjung ke Tinggi Raja. Bagi yang udah pernah, selamat berkunjung lagi ke Tinggi Raja :D

Bonus: Rame-rame lebih asik

tinggi raja 6

Rombongan motor kami ke Tinggi Raja. Bukan geng motor ya

Update: Ulasan selanjutnya ada di artikel part ke-2. Klik disini untuk membaca :)

41 thoughts on “Tinggi Raja, Kawah Putih Ala Sumatera Utara

    • sebulan yg lalu cuy. masih jelek jalannya.. bisa aja naik vario, ane malah naik mio soul tahun 2008 boncengan :mrgreen: cuma ya yg dibonceng turun dulu kalo ada tanjakan tinggi, soalnya nggak tarik keretanya

  1. Pingback: Tinggi Raja, Kawah Putih Ala Sumatera Utara (Part 2) | Mhd.Haris Blog

  2. Tanggal 020214 Aku sama 3 kawanku kesana naek kereta. Aku pake mio j. Kawanku naek supra. Perjalanannya memang cukup menantang ketika mendaki maupun turunan. Krn byak batu2 cadas yang lumayan besar. Pokoknya lumayan menguji adrenalin lah bro. Tapi sayang, sekarang byk kali pungli. Aku kena sekitar 20 ribu di beberapa titik. Perjalanan ke tinggi raja memang enak untuk di nikmati sekali saja. Tapi untuk ke dua kali nya jika harus bawa kendaraan. Hehehe :-D

  3. Abiz baca blog agan,sabtu (15.02.14)meluncur le TKP. berangkat lewat pakam lanjut k arah nagari dolok (ga belok galang) justru tanpa pungli. Hanya saja jalannya lebih jauh dan akhir nya total perjalanan dr medan 4 jam. Pulangnya baru lewat rute sesuai di blog agan sekalian singgah di pantai salju,bangun purba. Tinggi raja bener2 hidden paradise dan pengalaman berkendara nya mantap abiz.

  4. Mas namasaya rini asli dari dolok masihul silau dunia…sya td baca blog nya mas…sbnr’a mas tinggi raja itu mmg dr dulu sudh Å∂å dan sudah terkenal malah lebih cantik bagu…drpd sekarang ini bahkan dulu turis” bnyk banget yg kesitu dgn ber bus” hanya sja Å∂å suatu kejadian yg mmbuat wisata itu di tutup karena di sana masih trllu kental dgn aturan adat klau org blg mistik gitu tp karena ttp saja bnyk org yg ingin datang akhirnya di putuskan untuk di buka lg dgn catatan ttp brklakuan baik slama di sana :)

    • iya udah lama, akhir2 ini aja makin rame. Semoga makin diperhatikan pemerintah. Pengunjungnya pun mudah2an makin sadar untuk bisa menjaga alam di sumut

Silahkan Komentarnya, Mumpung Gratis

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s