Fortuner SUV Terbaik


Fortuner VNTurbo

Bicara soal mobil, setiap orang pasti ingin mobil yang tangguh, bertenaga, dan keren. Tapi mobil apa ya yang cocok? Lirik sana lirik sini ternyata Toyota mengeluarkan mobil produk terbarunya. Setelah mencari-cari info , PT Toyota Astra Motor menghadirkan Grand New Fortuner VNTurbo with Intercooler. Wah kira- kira apa bedanya sama Fortuner sebelumnya ya? Di Fortuner terbaru ini juga ada embel-embel ‘VNTurbo’, ada apa gerangan? Sepertinya Fortuner keluaran terbaru ini memiliki mesin yang benar-benar bertenaga. Penasaran seperti apa? Yuk mari kita simak.

Fortuner SUV Terbaik

Fortuner memang sudah tidak asing lagi kita dengar. Mobil Sport Utility Vehicle ini pertama kali lahir pada tahun 2005. Fortuner yang lahir tahun 2005 ini mengusung mesin 2 KD – FTV. Kepercayaan masyarakat terhadap Fortuner ini membuat Toyota mengembangkan inovasi terbaiknya untuk diterapkan pada Fortuner yang baru. Dan akhirnya lahirlah Grand New Fortuner VNTurbo with Intercooler sebagai kendaraan dengan teknologi mesin diesel masa kini. Fortuner SUV terbaik menjadi julukannya. Di Youtube dan iklan di beberapa media juga memperlihatkan tampilan mobil tangguh ini seperti ini nih:

Tapi rasanya kurang puas kalau cuma sekedar melihat dan dengar dari namanya saja. Kita perlu tahu seluk-beluk yang ada pada Fortuner SUV terbaik ini. Mari kita review bersama.

Mesin

New engine

Pertama-tama kita lihat mesinnya. Seperti yang ada diatas tadi, Fortuner mengalami perubahan mesin. Mesin yang diusung sekarang adalah new engine 2 KD – FTV 2,5 Liter D-4D Common Rail with VN Turbo (VNT) and Intercooler. Variable Nozzle vane Turbo (VNT) memberikan tekanan udara yang lebih besar pada putaran mesin rendah daripada Turbocharger biasa. Hasil yang didapat, torsi menjadi lebih besar pada putaran mesin rendah sehingga respon dan akselerasinya menjadi lebih baik.

Peningkatan tenaga ini terbukti dari 102 PS/3600rpm menjadi 144ps/3400rpm. Sementara torsinya yang semula 26.5kgm/1600 – 2400 rpm  menjadi 35kgm/1600-2800rpm. Peningkatan yang signifikan itu terjadi semata-mata karena VNT dengan mesin empat silinder diesel 2,5 liter. Terus bagaimana bisa VNT menjadi pengaruh yang besar pada perubahan tenaganya? Mungkin lebih jelasnya mengetahui kinerja VNT ini dapat dilihat disini yang dijelaskan langsung dari PT Toyota Astra Motor.

Eksterior

Nah, sekarang kita lihat eksteriornya. Informasi yang saya dapat dari brosur Toyota untuk produk Grand New Fortuner seperti ini:

eksterior

Perubahan eksterior yang paling mencolok dapat kita lihat di engine hood yang disitu ada tambahan hood scoop. Hood scoop disini berfungsi sebagai intercooler. Ini karena Grand New Fortuner tipe Diesel sudah menggunakan mesin VNTurbo with Intercooler. Perubahan yang lainnya dapat kita lihat pada gambar diatas.

Interior

Sekarang kita masuk ke dalam mobil. Interiornya juga tidak kalah mewah. Kita bisa lihat gambar dibawah, semua fitur canggih dan mewah.

interior

Screen audio and parking camera

Toyota Grand New Fortuner semakin lengkap dengan 2 DIN Touch Screen Audio Video System with Toyota Navigation. Sistem GPS dengan layar sentuh membuat pengendara semakin mudah untuk menjelajah dunia.

Kemudian ada Parking Camera. Pengendara dapat melihat situasi di belakang mobil sehingga parkir menjadi lebih mudah dan aman. Parking Camera ini ada pada Grand New Fortuner Tipe 2,7 G Lux, 2,7 V, dan tipe TRD

Harga

Untuk masalah harga, saya sudah menyiapkan daftar harganya sesuai tipe masing-masing Grand New Fortuner:

Tipe

Harga

Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G M/T

Rp. 387,000,000

Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G A/T

Rp. 397,000,000

Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G M/T TRD

Rp. 411,900,000

Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G A/T TRD

Rp. 421,900,000

Wah spesifikasi Fortuner benar-benar memberikan kesan yang luar biasa. Dengan mesin terbarunya, Grand New Fortuner VNTurbo with Intercooler membuatnya semakin tangguh dan bertenaga. Spesifikasinya membuat mobil ini semakin cocok disebut Fortuner SUV terbaik.

Dibalik spesifikasinya yang menawan, kita juga perlu bukti dong. Bukti yang menunjukkan bahwa si SUV terbaik ini benar-benar tangguh. Ternyata oh ternyata, Fortuner memberikan buktinya. Toyota mengadakan program perjalanan Fortuner dari Jakarta menuju Roma yang disebut-sebut perjalanan Euroasia. Fortuner membuktikan ketangguhannya melewati 2 benua yaitu Asia-Eropa dengan jarak 27.000 km dan menghabiskan waktu selama 126 hari sepanjang Agustus sampai Desember 2011. Seperti apa kisah perjalanan Fortuner melewati berbagai medan dan kondisi cuaca untuk membuktikan ketangguhannya? Ini dia kisahnya…

Fastron Euroasia I (Fortuner Standard Pabrik)

Toyota membuktikan Fortuner sebagai SUV terbaik dengan mengikutsertakan 4 unit Toyota Grand New Fortuner 2.7 V A/T 4×4 berbahan bakar bensin dengan kapasitas 2700cc pada Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition 2011 lalu. Keunggulan Fortuner akan diuji dalam puluhan ribu kilometer dalam melintasi 2 benua.

Mobil ini mengusung mesin 2 TR-FE 2.7 L DOHC 16 Valve VVT-i dan mendapat sertifikasi kelayakan uji emisi Euro-2. Ekspedisi kali ini, Fortuner diberikan pelumas, minyak rem, dan radiator coolant menggunakan produk dari Pertamina. Ditambah lagi, mesin tetap menggunakan standard pabrik tanpa ada perubahan. Wow!

Tepat di hari kemerdekaan RI, tanggal 17 Agustus 2011 Toyota Astra Motor melepas 4 unit Grand New Fortuner untuk melakukan ekspedisi lintas benua Asia dan Eropa yang akan melintasi 23 negara dan sekitar 60 kota. Tim ekspedisi 4 mobil yang berisi 16 orang ini memulai perjalanan hebatnya dari Gedung Pertamina Jakarta.

Fastron Euroasia II (Menerjang Banjir Bandang Thailand)

Perjalanan panjang sudah tertempuh sejauh ribuan kilometer dan tiba di Thailand, negara yang dijuluki sebagai negara Gajah Putih. Fortuner diuji di negara ini. Emangnya kenapa sih kok diuji? Apa yang terjadi? Ternyata saat itu cuaca di Thailand tidak bersahabat. Saat itu Bangkok sedang di terjang banjir bandang.

fastron euroasia II, menerjang banjir bandang thailand

Situasi rumit ini membuat tim Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition harus melewati banjir bandang tersebut. Dengan mengendarai empat unit Toyota Fortuner, tim diuntungkan dengan ground clearance Fortuner yang tinggi membuat banjir mudah untuk dilewati tanpa ada masalah. Tim pun berhasil melewati banjir akibat hujan deras tersebut dengan selamat.

Fastron Euroasia III (Menembus Gurun di China)

Setelah melewati tantangan dari Thailand, tim Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition kembali melanjutkan perjalanan selanjutnya ke China. Negara Tirai Bambu ini juga tidak kalah penuh tantangan. Berbagai medan yang berat harus dilalui Fortuner SUV terbaik ini.

RAC7291a-150x150

Kota pertama yang disinggahi di China adalah kota Don Huang di Propinsi Gansu yang terkenal dengan padang pasir Mingsha Mountain. Lalu kota selanjutnya adalah kota Kun Ming. Tercatat di odometer, kota Kun Ming ini sudah berada di 10.000 km lebih perjalanan Fortuner. Fortuner yang sudah berjalan sejauh ini tidak membuat ketangguhannya berkurang. Tantangan demi tantangan tak ada kendala yang berarti bagi sang Fortuner.

Perjalanan kembali dilanjutkan menuju Chengdu. Kali ini perjalanan menggunakan jalan bebas hambatan atau jalan tol. Cuaca menjadi tantangan berikutnya karena suhu sangat dingin, berada di kisaran 15-17 derajat Celcius. Suhu yang dingin ini dikarenakan tempat yang dilalui mempunyai ketinggian 2.800 meter dari permukaan laut. Oksigen yang menipis tidak membuat Fortuner mengalami gangguan di bagian mesin. Empat Fortuner tetap melaju untuk terus membuktikan ketangguhannya di segala medan. Luar biasa!

Fastron Euroasia IV (Menerjang Gunung Es Asia Tengah)

RAC9176a-150x150

Perjalanan kembali dilanjutkan. Setelah melewati China, kini tim Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition bersama 4 unit Grand New Fortuner akan menuju ibukota Kyrgyzstan, Bishkek. Dalam perjalanan menuju kawasan Asia Tengah ini, suhu yang dirasakan dapat mencapai minus 10 derajat celcius. Salju tebal menghiasi jalanan di sepanjang perjalanan hingga menuju Iran. Dengan berada di ketinggian 3900 meter dari permukaan laut membuat kadar oksigen semakin menipis.

Fastron euroasia IV

Tapi Fortuner bisa mengendalikan mesinnya disaat oksigen semakin menipis. Teknologi VVT-I yang didukung sensor oksigen mampu mendeteksi jumlah oksigen yang masuk ke ruang bakar. Sistem ini akan mengetahui jumlah oksigen yang masuk dan menakar kebutuhan oksigen yang diperlukan. Maka mesin Fortuner bisa memproduksi tenaga yang dibutuhkan sesuai dengan kondisi.

Sesampainya di Iran, empat unit Fortuner melaju dengan kecepatan tinggi melewati highway menuju pintu gerbang Eropa yaitu Turki. Dari Turki terus melanjut perjalanan hingga Roma tempat finishnya perjalanan Fastron Euroasia bersama Grand New Fortuner ini.

Horee! Perjalanan panjang sejauh 27.000 km dapat dilibas dengan mudah oleh Fortuner. Tidak ada masalah yang berarti bagi Fortuner untuk menaklukan medan 2 benua tersebut. Ketangguhan Fortuner telah teruji. Terbukti Fortuner bisa melakukannya dan pantas dijuluki Fortuner SUV terbaik. Fakta ini juga menyempurnakan tagline Fortuner yang berbunyi “The World is Mine”. Selamat kepada tim Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition dan 4 unit Grand New Fortuner.

Harapan

Setelah kita meneliti seluk-beluk dari Toyota Grand New Fortuner, saya menjadi tertarik untuk punya mobil seperti ini. Modelnya keren, fiturnya canggih, eksterior dan interior mewah, mesin baru, serta ketangguhannya sudah terbukti membuat saya semakin ingin memilikinya.

Kalau harapan saya sih, saya ingin punya Grand New Fortuner VN Turbo 2.5 G A/T TRD. Dari 6 pilihan warna yang keren-keren saya pilih warna super white II. Kebetulan saya suka dengan kendaraan yang berwarna putih, menurut saya warnanya memiliki keterikatan kemewahan pada mobil.

super white II

Semoga saja harapan saya punya Toyota Grand New Fortuner VNTurbo 2.5 G A/T TRD warna super white II bisa terwujud Amin… Usaha dan doa yang selanjutnya menemani langkah saya untuk mewudjkan harapan saya yang satu ini.

Referensi:

www.toyota.astra.co.id

http://www.toyota.astra.co.id/product/?page=product&model=Fortuner

http://www.youtube.com/watch?v=jEXNwtiJYcw&feature=youtu.be

One thought on “Fortuner SUV Terbaik

  1. lhhkj uyvpu louboutin homme hhjzu euiyeh DSC03431 vfvueyz jordans femme cyxujmd cospz polo ralph lauren marche cher sopjdekl doudoune moncler homme gwdjcoij doudoune moncler . penjimatsoldes wxpeuuvf

Silahkan Komentarnya, Mumpung Gratis

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s