Xeon RC dan Bukti Ketangguhan Yamaha


p1-lorenzo

Halo dunia otomotif! Ini nih salah satu hobiku, ngikutin perkembangan otomotif khususnya sepeda motor. Jujur aja, selama ini aku dibuat ‘WOW’ sama inovasi Yamaha. Siapa yang tak kenal Yamaha? Yak, produsen sepeda motor yang selalu menciptakan sepeda motor dengan inovasi yang begitu memukau. Salah satunya motor seperti gambar diatas, New Xeon RC!

Ada apa dengan Xeon RC? Kok dibilang memukau? Terus gimana fiturnya? Mesinnya? Bukti ketangguhan Yamaha itu gimana maksudnya bro? Tenang, tahan dulu rasa keponya. Semua akan kita bahas di blog ini.
Tapi sebelum kita bahas seluk-beluk tentang Yamaha Xeon RC ini, ada baiknya kita flashback dulu tentang motor skuter matik (skutik) Yamaha dari awal. Dijamin flashback yang satu ini gak bikin galau. Udah siap? Mari kita mulai…

Perkembangan Skutik Yamaha

Yamaha memang selalu menghadirkan inovasi yang luar biasa pada sepeda motornya. Kenapa aku bilang begitu? Ini terbukti karena sejak tahun 2003, Yamaha Indonesia melahirkan produk motor skuter matik pertama mereka yang diberi nama Yamaha Nouvo. Dari Yamaha Nouvo inilah dimulai perkembangan untuk menciptakan motor-motor skuter matik lainnya dengan teknologi yang semakin canggih. Aku juga ingat, dulu waktu masih kecil aku pernah liat iklan Mio yang katanya motor khusus wanita karena tanpa gigi alias otomatis. Waktu itu aku kagum, kok bisa ya motor gak ada giginya? (Bukan gigi manusia ya haha) Tapi seiring perkembangan zaman, ternyata motor ini semakin banyak peminatnya dan di gemari kaum Adam karena cukup praktis.

Perkembangan Skutik Yamaha dari Tahun ke Tahun

Perkembangan skutik Yamaha dari tahun ke tahun

Nah, ini dia hasil pengamatanku terhadap skutik Yamaha. Dari gambar diatas bisa kita lihat perkembangan motor skuter matik Yamaha khususnya di Indonesia. Dimulai dari Nouvo, lalu Mio, disusul Mio Soul, Xeon, Mio Fino, Mio J, Soul GT, Xeon RC, dan yang terakhir Mio GT sampai saat postingan blog ini dibuat. Ada juga Nouvo Z dan New Mio juga ikut meramaikan dengan merubah tampilan body-nya yang membuatnya semakin lebih keren.

Dari data pengamatanku tadi, Xeon RC mempunyai kakak pendahulunya yaitu Xeon. Yamaha Indonesia melahirkan Xeon tanggal 30 April 2010 sebagai matik pertama Yamaha yang bervolume silinder 125 cc. Saat itu Xeon sudah dibekali dengan teknologi balap, yaitu teknologi DiASil Cylinder sehingga membuat Xeon menjadi matik yang cepat dan hemat bahan bakar. Wuuiihh.. Xeon udah punya teknologi canggih dari dulu, apalagi Xeon RC pasti makin canggih!

Itu dia tadi bukti kalau perkembangan motor skuter matik Yamaha Indonesia selalu membuatnya semakin di depan. Teknologi Injeksi Yamaha dengan sebutan YMJET-FI (Yamaha Mixture JET-Fuel Injection) juga ikut memeriahkan perkembangannya. Motor Injeksi sudah diterapkan di matik Yamaha pertama kali pada Mio J. Kemudian disusul Soul GT, Xeon RC, dan Mio GT. Dan tentunya semua motor Yamaha akan diaplikasikan dengan menggunankan mesin injeksi cerdas Yamaha, YMJET-FI.

Yamaha Xeon RC, Semakin Tak Tertandingi!

Sesuai janjiku tadi, setelah mengetahui perkembangan skuter matik Yamaha dari awal, sekarang saatnya membahas Xeon RC! Tau gak brosis, Yamaha Xeon RC lahir pada tanggal 09 Januari 2013. Xeon RC menggantikan posisi Xeon dengan banyak mengubah penampilan dan mesin.  Disini Xeon RC mempunyai tagline Semakin Tak Tertandingi!” yang membuat dia semakin keren, cepat, canggih! Kenapa Xeon RC ini dikatakan keren, cepat , canggih? Tak perlu berlama-lama lagi, mari kita bahas satu per satu.

Keren

Tak perlu sungkan-sungkan lagi mengatakan ‘keren’ pada motor Yamaha yang satu ini. Jelas saja, dilihat sekilas sudah menampakkan dirinya itu keren apalagi melihat lebih cermat, bisa-bisa kamu makin kagum!

Xeon RC terinspirasi dari pesawat F-117 Nighthawk dan Yamaha T-Max

Xeon RC terinspirasi dari pesawat F-117 Nighthawk dan Yamaha T-Max

Desainnya terinspirasi dari pesawat F-117 Nighthawk, membuatnya semakin agresif dan sporti. Begitu juga lampu belakang Xeon RC terinspirasi dari pesawat  F-117 Nighthawk membuat tampilan racingnya lebih terasa. Sehingga diusung nama RC atau Racing Champion. Knalpot dan posisi lampu yang berada di sebelah lampu utama juga terinspirasi dari Yamaha T-Max yang membuatnya semakin keren, garang, dan diameter knalpot menjadi lebih besar.

Xeon RC dengan 5 pilihan warna

Xeon RC dengan 5 pilihan warna

Xeon RC punya 5 pilihan warna. Ada Victorious Red, Thunder Bolt Blue, Dazzling Black, Cosmic White dan Regal Purple. Liat aja tuh tiap warna punya warna kombinasi yang keren, anak muda banget. Joknya juga punya 2 warna membuatnya semakin oke punya. Velg juga ikut kena semprot warna ditambah List Velg jadi makin klop! Speedometer juga mengusung tampilan 3 dimensi jadi semakin enak di pandang. Oh iya, bagasi Xeon RC bisa nampung helm half face loh brosis, udah keren jadi makin praktis. Gimana? Masih penampilan aja udah pengen beli nih, padahal belum masuk ke mesinnya. Oke kita bahas mesinnya!

Cepat

Kalau yang namanya motor Yamaha gak ada istilah lemot, lambat, pelan. Motor Yamaha itu terkenal cepatnya, tarikannya dahsyat. Termasuk motor baru ini, Xeon RC. Xeon RC ini dibekali mesin 125 cc FI Liquid Cooled. Sistem injeksinya menggunakan YMJET-FI ditambah DiASil Cylinder & Forged Piston, jadi motor skutik ini sudah dibekali layaknya motor balap.

Ada juga mesin yang dibuat lebih besar dari 26 mm menjadi 28 mm dan mampu menaikkan performanya sebesar 8% yaitu menjadi 8,4kW (11,4 PS) / 9.000 RPM. ‘Performa naik jadi makin boros dong.. ‘ Eiitss! Jangan salah. Performa Xeon RC meningkat, keiritannya juga meningkat menjadi 20% lebih irit dari generasi sebelumnya. Jadi semakin cepat, semakin irit! Kayak iklan Yamaha tentang YMJET-FI itu loh, yang ada Komeng, Trio Bajaj, dan Valentino Rossi.

Oiya, kalau mau liat data spesifikasi Xeon RC lebih lengkap bisa lompat ke website Yamaha aja disini.

Canggih

Selain keren dan cepat, Xeon RC punya fitur canggih sebagai pelengkap. Apa-apa aja? Yak, Xeon RC sudah dilengkapi dengan Smart Stand Switch, yaitu mesin akan mati jika standar samping di gunakan. Gak cuma itu, panel indikator di speedometer akan menyala jika standar samping masih digunakan. Makin safety dan smart ya.

Bukan fitur biasa, tapi fitur SMART

Bukan fitur biasa, tapi fitur SMART

Ada lagi fitur yang bernama Smart Lock System, yaitu membantu pengendara melakukan pengereman di jalan mendaki atau menurun. Yang buat fitur ini smart adalah rem sangat mudah digunakan, cukup dilakukan pake satu tangan saja jadi makin praktis.

Xeon RC juga terdapat Oxygen Sensor yang mampu memfeedback pengeluaran dari gas buang atau mampu membaca hasil pembakaran CO (karbon monoksida) dan HC (hidrokarbon). Ditambah lagi knalpot baru Xeon RC juga sudah siap masuk ke Euro 3. Wuuiihh jadi makin go green kalo begini nih😀

Gimana? Udah jelas kan kalau Xeon RC itu skutik idaman. Keren, cepat, canggih menjadi andalannya. Liat tuh si juara dunia Moto GP 2012, bang Jorge Lorenzo aja bilang kalau Xeon RC itu “Everything I Need”. Xeon RC nyaman buat santai dan kalau lagi butuh power, bisa diajak ngebut. Tapi tetep ingat, keep safety riding. Ini dia video Jorge Lorenzo yang bangga menunggangi Xeon RC, cekidot:

Udah puas kan bahas seluk beluk Xeon RC? Apa?! Belum puas?! Oke tenang, aku mau ngasi tau Award yang di dapat dari Xeon lawas biar makin menarik. Tahun 2011, Xeon dapat penghargaan dari Otomotif Award sebagai ‘Best Performance & Handling’ kategori Skutik 125 cc. Brosis bisa lihat disini. Dan tahun 2012, Xeon dapat ‘Best Skutik 125’ di Otomotif Award yang bisa dilihat disini. Tahun 2013? Kita tunggu saja. Xeon lawas aja dapat penghargaan 2 kali berturut-turut apalagi Xeon RC yang teknologinya udah makin canggih, jelas penghargaan udah ada di tangan. Mantap nih, Xeon RC semakin tak tertandingi!

Terus apa dong bukti ketangguhan Yamaha?

Hmm mungkin ada yang masih berpikir kalau skutik itu gak tahan lama atau masalahnya banyak. Nih aku kasi bukti kalau skutik Yamaha itu tahan lama dan tangguh. Bukan kata orang loh, tapi aku yang ngalamin sendiri. Aku punya Mio Soul tahun 2008, tepatnya Maret 2008. Jadi udah berapa tahun? Yak 5 tahun sudah umurnya. Motornya bermasalah? Gak pernah tuh, sampai sekarang tarikannya tetap enak. Dari mulai aku SMA tahun 2008 sampai sekarang tetap ku pakai tuh Mio Soul. Gak ada kendala di mesinnya, lancar-lancar aja. Malah 4 bulan lalu aku pakai Mio Soul itu jalan-jalan ke luar kota seharian jauhnya 300 km, kecepatannya pun stabil di 70 km/jam. Otomatis mesin pasti panas banget berjalan sejauh itu apalagi mesin di geber 7 jam lamanya. Ditambah lagi aku lupa servis tuh motor sebelum berangkat padahal udah lama gak di servis. Hasilnya? Gak ada masalah, skutik Yamaha kuat! Mesin tetap stabil, gak ada aneh-aneh. Kalau diajak jalan lebih jauh lagi pasti masih sanggup. Tapi berhubung uang kantong menipis, jalan terbaik adalah pulang ke rumah haha.

Gak cuma pas 4 bulan yang lalu aja, akhir-akhir ini pun aku sering pake Mio Soul ku ke luar kota. Maklumlah lagi liburan, jadi pengennya jalan-jalan terus hehe. Sampai sekarang mesinnya masih oke, lancar jaya. Nah, ini salah satu yang buat aku percaya sama skutik Yamaha. Walaupun mesin udah lama, tapi masih tetep tangguh diajak jalan jauh.

Narsis dikit bareng My Mio Soul. Keren kan......motornya.

Narsis dikit bareng My Mio Soul. Keren kan……motornya.

Masih ragu sama Yamaha? Gak perlu ragu lagi deh, semua udah terbukti. Mio Soul 2008 punyaku aja masih oke, apalagi Xeon RC yang punya teknologi canggih. Xeon RC memang skutik idaman. Motor injeksi, irit, keren, cepat, canggih, itu semua cuma Xeon RC yang punya. Buat aku tuh Xeon RC artinya:

X traordinary : Luar biasa. Ya iya lah Xeon RC memang luar biasa, penampilan keren lahir bathin.
E conomical   : Irit. Xeon RC lebih irit 20% berkat injeksi cerdas Yamaha, YMJET-FI.
O pulence     : Kemewahan. Fitur SMART membuatnya semakin mewah dan berkelas.
N imble         : Cepat. Performa Xeon RC lebih tinggi 8% jadi semakin cepat.
R acing         : Balap. DiASil Cylinder dan Forged Piston sebagai teknologi balapnya.
C hampion    : Juara. Xeon RC layak menjadi juara karena Xeon RC semakin tak tertandingi!

Aku juga mau berterima kasih sama Yamaha karena terus berinovasi memberikan yang terbaik buat masyarakat Indonesia. Bukan hanya sekedar wacana, tapi memberikan bukti. Dan hasilnya bukan penyesalan tapi memuaskan. Terima kasih Yamaha, kami menanti inovasimu selanjutnya. Salam semakin tak tertandingi! Salam Semakin di Depan!

 

Referensi:

http://www.yamaha-motor.co.id/xeon-rc/
http://oto.detik.com/read/2010/04/30/164812/1348760/648/yamaha-xeon-matik-tercepat
http://oto.detik.com/read/2013/01/09/111912/2137024/1208/yamaha-xeon-injeksi-performa-naik-8-bbm-lebih-irit-20?od771104bcj
http://oto.detik.com/read/2013/01/09/135937/2137230/1208/apa-hebatnya-sistem-injeksi-yamaha
http://www.dapurpacu.com/yamaha-byson-motor-terbaik-indonesia-2011-otomotif-award/
http://www.dapurpacu.com/peraih-otomotif-award-2012/
Pengalaman dan dokumen pribadi

Referensi Gambar:

http://www.yamaha-motor.co.id/
http://www.yamaha-motor.co.id/xeon-rc/
http://www.google.com
Dokumen pribadi

Referensi Video:

http://www.youtube.com/user/yamahamotorindonesia

10 thoughts on “Xeon RC dan Bukti Ketangguhan Yamaha

  1. lengkapp broo ulasannya, salam pengguna yamaha, emng broo motor yang satu ini emang bandel, dan sesuai pengalaman saya, xeon rc ini belum ada yg bisa ngalahin performanya di kelas 125cc, udah awet kenceng lagi, tiada hari tanpa gas puool nih xeon rc, salam xerius (xeon rider kaskus) cuma satu, tangki bensi kecil cma 3,8L coba bandingin ama xride 4,5 liter klu gk salah

Silahkan Komentarnya, Mumpung Gratis

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s