Danau Linting, Danau Lukisan dari Sumut


Keindahan alam memang gak ada habisnya. Selalu membuat setiap mata yang memandang tak ingin melewatkan setiap sudut aura keindahan yang terpancar darinya. Termenung dan terus mengagumi ciptaan Allash SWT yang sangat sangat luar biasa. Dan keindahan alam ini akan menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi setiap orang yang pernah melihatnya. Kok sok puitis begini..

Kabar baik kalau kamu yang tinggal di Medan atau kamu yang lagi liburan di Medan. Kenapa? Karena ada salah satu tempat yang bagus untuk dikunjungi.
Dan kata-katanya sih sampai tulisan ini di buat masih belum banyak yang tahu tentang lokasi dan kondisi tempat pariwisata ini, bahkan orang Medan sekalipun.

Tempat apa itu? Tempat itu namanya Danau Linting. Sebuah Danau yang biru sekali, seperti danau lukisan. Airnya hangat tapi gak bau balerang. Tapi bagi yang pandai berenang, jangan nyemplung ke Danau ini. Danau ini dalam brooo..

Akses menuju kesana? Kalau dari Medan bisa dari Amplas atau Deli Tua. Kalau saya pake jalur dari Amplas. Kita mulai dari jalan SM Raja menuju Terminal Amplas. Setelah itu belok kanan menuju arah Patumbak. Ingat, jalan menuju Patumbak belok ke kanan tepat di bawah jembatan layang (fly over) di Amplas. Kalau yang naik motor boleh siapin masker karena jalanannya sedikit berlubang dan lumayan banyak debunya. Pastikan juga bensin sudah full karena SPBU tidak ada disana. Tapi yang menjual bensin eceran tetap banyak.

Setelah Patumbak, lalu akan melewati Talung Tenas – Sibiru-biru -Tiga Juhar – dan terakhir sampai di Danau Linting di STM Hilir. Di dalam perjalanan banyak juga kita temui jalan bercabang. Kalau tidak tau ya tanyak saja, orangnya juga ramah-ramah kok :D  Dari Amplas menuju Danau Linting ini jaraknya cuma 40km dan naik motor waktunya bisa ditempuh dalam waktu 1 jam dengan kecepatan rata-rata 50 km/jam.

Mendekati tempat lokasi, ada papan yang bertuliskan Danau Linting. Ternyata disitu pintu masuknya. Jalan masuknya menanjak dan berbatu. Belum sampai di puncak bukit, pengunjung dikenakan biaya Rp 5000 per orang. Setelah membayar, kita terus berjalan sampai di puncak bukit dan…luar biasa! Mata langsung dihadapkan dengan birunya Danau Linting.

IMG-20130706-01312

Widiih airnya biru! Yang tadinya bosen ngeliat air sungai yang keruh dimana-mana, sekarang langsung takjub sambil heran kenapa airnya bisa sebiru ini. Keliling-keliling danau atau sambil ngemil di pinggir bikin nyaman. Pesona alamnya keren! Yang mau mandi juga asik tuh, airnya hangat. Yang penting hati-hati, awas tenggelam :p

Tertarik? Wajib!! Lumayan kan jalan-jalan murah udah bisa ngeliat pemandangan bagus kayak gini. Oke selamat berpetualang, selamat mengagumi ciptaan Yang Maha Kuasa. Silahkan juga dipelototin galeri gambar danau linting dibawah ini.

danau linting 1

danau linting 2

danau linting 3

 

8 thoughts on “Danau Linting, Danau Lukisan dari Sumut

  1. Hi haris, ini beneran masih ada Danau Indah seperti ini?.. Aku speechless loh, di Jakarta mana ada.. Insya Allah kapan gitu mau main kesana, pasti seru ya.. ^_^ Cuma harus tetap hati2 ya, sepertinya Danau Linting ini cukup dalam..

    Salam Kenal,

  2. Pingback: Air Terjun Pelangi di Sumatera Utara | Mhd.Haris Blog

    • wah nama kita sama:mrgreen: hai abdul haris, jalan kesana bisa dilalui roda 4. Ada jalan yang berlubang dikit dan jalan agak sempit, pas-pasan kalau mobil berselisihan. Tapi aman-aman aja kok

  3. Pingback: Air Terjun Pelangi | amrupress

Silahkan Komentarnya, Mumpung Gratis

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s