Next Project : Honda Megapro Injeksi


red

Era sepeda motor injeksi di tanah air kian ramai. Mesin yang ramah lingkungan ini semakin digempur para produsen sepeda motor untuk bisa bersaing memberikan teknologi yang terbaik untuk calon konsumennya. Apalagi injeksi udah buktiin dirinya kalau doi bisa nunjukin performa motor semakin meningkat dan makin irit. Yup..saatnya injeksi terus dikembangkan! Merdeka!

Ngomongin perubahan mesin ke injeksi, ada satu motor yang pengen aku bahas. Ini nih sang street fighter nya Honda, si Megapro. Umurnya kan juga udah lumayan lama, kapan nih bisa mulai menginjeksikan diri? Sama kayak temen duelnya nih si Byson, kapan nih injeksinya? Sampe sekarang kayaknya masih selow-selow aja yak😀

Mungkin untuk si Byson sampe sekarang belum bisa diterawang. Tapi untuk si Megapro masih bisa kita kaitkan sama CB Trigger dari negri Bollywood, India.

honda-cb-trigger

Dilihat secara fisik, motor ini cukup menunjukkan dirinya sang street fighter. Berbekal mesin 149,1 cc SOHC berpendingin cairan yang dapat memuntahkan power 14 bhp @8500 rpm dan torsi 12,5 Nm @6500 rpm. Sayangnya CB Trigger ini masih sistem karburator, belum injeksi. Mungkin kalau AHM sudi meminang CB Trigger ini masuk ke Indonesia pastinya bakal dirombak menjadi injeksi. Mantaappp…

CB Trigger ini bisa menjadi lawan head to head dengan Byson. Mulai dari speedometer dan takometer yang sama-sama mengaplikasikan Full Digital. Di CB ini juga ada  indikator kapasitas tangki, jam, dan tripmeter. Beeh lengkappp! Lampu stop belakangnya pun makin ganteng karena udah pake LED.

speedo stop lamp

Desain tangkinya pun semakin berotot. Tutup tangki sudah senada dengan garis body, jadi gak ada lagi yang namanya tutup jendol hehe😀 Tangkinya bisa menampung 12 liter bensin, cukuplah untuk membawa sang street fighter berkelana jauh.

tangki cb trigger

honda-cb-trigger-wheels

Satu lagi yang bikin CB Trigger ini menjadi nilai plus, yaitu fitur Combi Brake System (CBS). Yang biasanya CBS cuma keliatan di skutik-skutik Honda, kini udah ada di motor sportnya. Remnya tentu sudah cakram depan belakang. Widiw, fitur makin berlimpah nih. Apa gak kepengen nih nantinya Megapro injeksi bakal begini juga fiturnya?

Oke…CB Trigger ini memang pas untuk diajak head to head dengan Byson. Tapi AHM tak secepat itu memutuskan akan mengupdate Megapro seperti CB Trigger. Mungkin ada sedikit perombakan lain seperti membuat  body lebih berotot, ban lebih besar, atau lainnya. Mengingat Byson pasti berubah ke injeksi juga, so perubahan Byson bisa saja menjadi lebih ‘wow’ daripada CB Trigger ini. Kita tunggu saja kehadiran Megapro PGM-FI di tanah air, harapannya Megapro injeksi lebih maknyus daripada CB Trigger di India. Dan tentu gak overprice hehe😀

Spesifikasi CB Trigger:

ENGINE & TRANSMISSION

Engine Type Air Cooled, 4 Stroke, SI Engine
Displacement (cc) 149.1
Net Power 10.3 kw (14 bhp)@8500 rpm
Torque 12.5 Nm @ 6500 rpm
Air Filter Viscous Air Filter
Carburetor / Fuel Injection Carb
Starting System Kick / Self
Transmission Constant Mesh, 5 Speed Gear
Gear Shift Pattern 1 Down- 4 Up
CHASSIS
Chassis Advance Design Diamond Frame
Front Suspension Telescopic Suspension
Rear Suspension Monosuspension
Front Tyre 80/100-17 M/C 46P
Rear Tyre 110/80-17 M/C 57P
Front Brake Type Disc 240mm Dia
Rear Brake Type KDisc 220mm Dia (CBS) – Optional
WEIGHT / MEASUREMENT
Kerb Weight (Kg) 137kgs
Front Suspension Telescopic Suspension
Length X Width X Height (mm) 2045mm X 757mm X 1060mm
Wheelbase (mm) 1325mm
Ground Clearance (mm) 175mm
Fuel Tank Capacity (Litre) 12 litres
ELECTRICALS
Battery# 12V – 4 Ah
Headlamp 35/35 W

 

Silahkan Komentarnya, Mumpung Gratis

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s