Next Project : Jupiter MX Injeksi, Pengennya Seperti Apa?


2013-hitam_merah

Jupiter MX udah mengaspal dari tahun 2005 yang saat itu Komeng mulai menjadi brand ambassadornya. Motor bebek yang kencang membuat motor ini dikenal. Seiring waktu, YIMM terus meracik jupiter MX menjadi lebih ‘wow’. Hingga tahun 2011 New Jupiter MX lahir dan terus mengaspal sampai sekarang. Tapi MX yang sekarang belum menganut sistem injeksi alias masih karburator. Kira-kira kapan ya muncul jupiter mx injeksi?

YIMM memastikan kalau semua produknya bakalan menganut sistem Injeksi di tahun 2014. Kalau dilihat kondisi sekarang, belum ada tanda-tanda kelahirannya. YIMM masih menyimpan agenda ini dalam-dalam. Kemungkinan besar Jupiter MX injeksi akan lahir di awal 2014. Lagian Jupiter MX special edition livery MotoGP aja baru keluar, so gak mungkin juga keluar yang injeksi di akhir tahun 2013 ini🙄

Selagi nungguin yang injeksi, tentu ada sedikit bayangan atau gambaran yang kita pengen untuk the next jupiter MX ini. Yang nantinya bakal membuat bebek yang satu ini semakin memperkokoh dirinya sebagai bebek kencang. Gak cuma performa yang semakin agresif, tampilan visual pun tetep harus semakin sporty. Kan gak asik kalau mesin oke tapi visualnya cupu:mrgreen:

Mesin

source gambar : disini

sumber gambar : disini

Kemungkinan besar tipe mesin akan tetap sama untuk next Jupiter MX injeksi yaitu 4 langkah, 4 valve SOHC, berpendingin cairan dengan silinder tunggal. Transmisi tetep 5 percepatan juga udah oke. Itu sih kalau kubikasinya tetep 135cc. Nah kalau di bikin jadi 150 cc gimana tuh? Makin maknyus si MX bisa nemenin si Satria FU. Tapi tetep kembali kepada ketentuan dan strategi YIMM . Yang pastinya sistem bahan bakar menjadi fuel injection dan si MX wajib makin irit, makin agresif dan ramah lingkungan. Apalagi udah siap masuk Euro 3.

Body

Body New Jupiter MX sekarang udah cukup mantap, ramping dan tetep berisi. Liku-liku tajam pun membuatnya semakin keren. Mungkin untuk Jupiter MX FI akan tetep ramping. Kalau body gede melebar gitu kayaknya kurang pas sama aura sportnya, image bebek kencang bisa hilang kalau body kurang ramping. Tapi yang namanya motor bebek pastinya bentuk body gak akan jauh-jauh dari bentuk asalnya.

Speedometer

speedo

ilustrasi analog-digital by KOSO

Speedometer New Jupiter MX masih menggunakan jenis analog. Alangkah lebih baik dan lebih keren kalau di upgrade menjadi analog-digital. Dijamin makin kelihatan canggih nantinya. Apalagi ada takometer sama tripmeternya beeh mantaaapp. Tapi kalau ada takometer sama tripmeter bisa-bisa harga disinyalir tidak bersahabat sama bebek user. Mungkin untuk yang itu gak perlu, cukup analog-digital saja😀

Rem Cakram

cakram

New Jupiter MX udah punya rem cakram double disc yaitu cakram depan dan belakang untuk tipe Hand Clutch. Tapi untuk tipe Auto Clutch masih cakram depan dan tromol belakang. Dan… yang membuat biker kurang berkesan adalah rek cakram depannya masih kaliper piston tunggal. Hemm untuk bebek kencang kayak gini perlu pengereman yang optimal juga. Tentu harapannya nanti untuk Jupiter MX FI udah pake rem cakram depan kaliper piston ganda ya.

Suspensi

ijin ambil om iwb :mrgreen:

ijin ambil om iwb:mrgreen:

Suspensi depan pastinya teleskopik dan suspensi belakang pastinya monoshock. Tapi… monoshock tipe lengan ayun suspensi monocross milik MX ini perlu ditampilkan lebih berani. Artinya yang biasanya monoshock MX gak terlalu kelihatan karena kelir hitam, untuk harapan MX injeksi kelir monoshocknya dikasi warna ngejreng. Misalnya aja kelir kuning, kayak yang udah ada di jupiter MX livery MotoGP. Kan makin ajib tuh kelihatannya.

Oke…batas awang-awang cuma bisa sampai disini. Yang namanya calon konsumen kadang tak seperti yang diharapkan untuk sang Jupiter MX injeksi nanti. Semua tergantung pihak YIMM yang meraciknya. Bisa tak sesuai harapan, bahkan bisa lebih dari harapan. Kita tunggu saja Jupiter MX FI di tanah air. Semoga harapan kecil yang ini bisa terwujud:mrgreen:

23 thoughts on “Next Project : Jupiter MX Injeksi, Pengennya Seperti Apa?

  1. Kalo slogan inovasi tiada henti emang terbukti:tak pernah berhenti sajikan ayago dari sprinter sampai si fu.slalu ada generasi penerus.skarang slogan semakin di depan mana generasi ayago di era 4tk

  2. Kalo body biker2 jelas pilih ayago sebagai penerus tiara.semua tergantung sadar pa gak petinggi ymki .faktanya mx kurang suksesor

  3. Paling mx injeksi gak pakai rangka delta box.ymki kurang sadar betapa garangnya kalo bebek mx pakai rangka delta. Rangka trsebut salah satu pemikat konsumen

  4. Spatbor depan emang yg bikin jelek mx.kasih umumnya spatbor bebek biar mirip 125z. Bebek sport pakai spatbor laki yg ngangkang

  5. UPDATE SPATBOR DEPAN MX .YG INJEKSI KASIH BEDA YG ERA KARBU.UPDATE JUGA SASISNYA TANAMKAN DELTA BOX UNTK MX INJEKSI.BUKTIKAN SLOGAN SEMAKIN DIDEPAN

  6. Inovasi ayago ymki emang terputus/berhenti buktinya tiara lama fakum penerusnya juga gak kunjung keluar,padahal para biker udah ngiler . Suzuki emang terbukti inovasi tiada henti :tentang ayago sport

  7. Seharusnya Honda dan Yamaha mengeluarkan Ayago ber Cc sama seperti Suzuki Satria Fu 150 kalo perlu Plus INJEKSI dan pakai rangka DELTA BOX seperti Honda Nova DASH. Honda mengeluarkan Honda Sonic 150cc injeksi memakai delta box sebagai rangka mesinnya dan Yamaha mengubah tampilan JUPITER MX nya seperti SATRIA FU kalau perlu tambahkan Cc nya dari 135 menjadi 150 dan berteknologi Injeksi.
    Contoh kasus Honda CBR 250 cc satu silinder CUPU dengan rangka mesin yang Tipis kerempeng karena tidak memakai Delta Box seperti Honda CBR 150 dan Yamaha Vixion yang kalah bersaing dengan Kawasaki Ninja 250 dan 300 injeksi dan ditambah lagi video dan foto Yamaha R25 dengan dua silindernya yang keren tapi lagi lagi dengan rangka mesin yang tipis kerempeng tidak memakai delta box.
    Petinggi Honda dan Yamaha benar2 kurang sadar dan paham apa yang konsumen Indonesia mau. Kita selalu saja tertinggal satu langkah soal desain dan teknologi dari negeri seberang Thailand, sampai kapan akan terus begini.

  8. kalo menurut pendapat pribadi saya, seharusny jupiter mx injeksi menggunakan karakter mesin yang berbeda dari sebelumnya overstroke menjadi overbore, apalagi menggunakan dual cam alias DOHC,

  9. soal mesin jupiter mx new ini masih kurang ditarikkan pertama, agak2 bantet kalau bahasa medannya, trus terlalu limit CDI yg diadopsi. jadi kalau bisa si perbaiki sistem tarikkan pertamanya aja sisanya udah enak asoy banget. karena pemilik jupiter mx new jg plus ganti knalpot satria fu (old) jadi lebih mantap gan. heehe

  10. Jupiter mx harusnya naik cc menjadi 150 biar lebih greget again terus tampilan depan nya coba pake 2 eyes kaya cbr thailand biar anak muda banget

Silahkan Komentarnya, Mumpung Gratis

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s