Perbedaan Scoopy FI dengan Scoopy-i Club 12 Thailand


cover scoopy fi-club 12

Skutik model retro milik Honda terus mempercantik dirinya di Thailand. Sebelumnya pada bulan Juli 2012, Scoopy FI Thailand menambah model terbaru mereka yang diberi nama Scoopy-i S12. Perubahannya terletak pada ukuran velg yang diubah menjadi 12 inchi tubeless. Lalu baru-baru ini muncul lagi varian terbaru mereka yang diberi nama Scoopy-i Club 12.

Kira-kira Scoopy-i Club 12 ini kapan masuk ke Indonesia? Apakah cocok untuk kondisi jalan dan selera konsumen Indonesia dengan ciri khas velg 12 inchinya? Kalau pun bakal masuk, kemungkinan besar paling cepat masuknya di awal atau pertengahan 2014 mengingat Scoopy FI baru dilaunching awal tahun 2013 lalu. Tentu dengan pelek 12 inchi ini menjadi tantangan pihak AHM untuk mensurvei bagaimana tanggapan konsumen Indonesia… apakah setuju atau tidak.

Karena Indonesia masih punya Scoopy FI sementara Thailand udah ada Scoopy-i Club 12, pengen lah dikit-dikit ngeliat apa perbedaannya. Kalau dibandingin sama Scoopy-i S12 rasanya nanggung, mending langsung bandingin ke Scoopy-i Club 12. Lagian kalau AHM niat mau masukin Scoopy ini, pasti yang dipilih bakal Scoopy-i Club 12. Kenapa? Tentu Scoopy-i Club 12 ini lebih lengkap fiturnya. Lengkap begimane? Langsung aja mari kita cekidot bersama.

Warna

warna scoopy i club 12

Yang namanya motor facelift ya pastinya warna bakal kena ubah. Scoopy-i Club 12 ini punya kombinasi warna yang unik. Pokoknya ngeliat ini motor makin keliatan ciamiknya. Ni baru foto, gimana kalau ngeliat beneran…:mrgreen: Striping barunya menggunakan CMYK sticker. Perpaduan warnanya berani dan garis2 striping yang keren bikin Scoopy ini makin enak dipandang.

Velg 12” tubeless tire

tubeless

Yang ini juga yang paling diperhatikan. Ukuran velg menjadi 12 inchi dan ban tubeless. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri karena ukuran pelek segini semakin menunjukkan ke-retro-annya. Yang menjadi pertanyaan, apakah cocok untuk Indonesia? Kalau masalah Ground Clearance, Scoopy-i Club 12 ini punya jarak terendah ke tanah 139 mm (Cuma beda 1 mm doang sama Scoopy FI yang punya jarak 140 mm). So kalau masalah dek nyangkut di polisi tidur mungkin gak bakalan terjadi. Kecuali polisi tidurnya udah gak tiduran lagi:mrgreen: Kalau masalah nyungsep ke dalam lubang, mungkin bisa diminimalisir karena penggunaan ban tubeless yang lebar kayak donat. Setidaknya velg masih terlindungi.

Ribbon Rear Grab

ribbon rear grab

Rear grab, tempat pegangan di Scoopy-i Club 12 juga punya perbedaan dari Scoopy FI. Rear grab Scoopy-i Club 12 udah dibalut dengan aluminium. Tampilannya pun semakin maknyuuuss…

Speedometer

speedometer scoopy

Speedomoter Scoopy FI dengan Scoopy-i Club 12 gak terlalu kelihatan bedanya. Cuma tampilannya lebih cantik dibandingkan versi lama. Dan speedometer yang terbaru ini berlatarkan gambar “X”. Mungkin diambil sesuai dengan stripingnya. Kalau di bawa ke Indonesia bisa aja tak ada latar “X” di speedometer karena kemungkinan besar model striping juga bakal diubah.

3-Pots Hydraulic Combi Brake System

CBS

Fitur andalan skutik Honda yaitu Combi Brake System (CBS) hadir di Scoopy-i Club 12 sebagai pembeda dengan Scoopy FI dan bahkan Scoopy-i S12 Thailand. Rem cakram depan langsung punya kaliper 3-pot! Tentu pengereman menjadi lebih aman dengan fitur CBS ini. Pihak AHM juga pernah bilang kalau Scoopy ada kemungkinan bakal di-CBS kan juga. Jadi, apakah versi CBS pada Scoopy nanti akan seperti mempunyai bentuk seperti Scoopy-i Club 12?

Oke… itulah pembeda antara Scoopy FI Indonesia dengan Scoopy-i Club 12 Thailand. Kalau tentang persamaannya ya masih sama-sama menggunakan mesin tipe SOHC, 4 langkah, berkapasitas 108 cc dan udah PGM-FI. Fitur2 seperti side stand switch, parking brake lock, seat opener, half face helm in juga masih sama. Untuk pertimbangan tentang ukuran velg 12 inchi tentu menjadi pelajaran mendalam bagi AHM. Kalau selama tak ada kendala, tentu sah-sah saja dengan ukuran velg segitu. Tampang juga keren kok. Yaah semoga aja bisa ke Indonesia🙄

SPESIFIKASI SCOOPY FI DAN SCOOPY-i CLUB 12

Scoopy FI

Scoopy-i Club 12

Dimensi (PxLxT) 1.856 x 694 x 1.060 mm 1.856 x 694 x 1.060 mm
Jarak sumbu roda 1.256 mm 1.256 mm
Jarak terendah ke tanah 140 mm 139 mm
Berat kosong 96 kg 99 kg
Tipe rangka Tulang punggung Tulang punggung
Tipe suspensi depan Teleskopik Teleskopik
Tipe suspensi belakang Lengan ayun dengan sokbreker tunggal Lengan ayun dengan sokbreker tunggal
Ukuran ban depan 80/90 – 14 M/C 40P 110/90-12 M / C 59J
Ukuran ban belakang 90/90 – 14 M/C 46P 110/90-12 M / C 64J
Rem Depan Cakram hidrolik, dengan piston tunggal Cakram dengan kaliper 3 pot
Rem Belakang Tromol Tromol
Kapasitas tangki 3,7 liter 3,7 liter
Tipe mesin 4 langkah, SOHC 4 langkah, SOHC
Sistem Bahan Bakar Injeksi (PGM-Fi) Injeksi (PGM-Fi)
Sistem pendinginan Berpendingin kipas Berpendingin kipas
Diameter x langkah 50 x 55 mm 50 x 55 mm
Volume langkah 108 cc 108 cc
Transmisi Otomatis, V-Matic Otomatis, V-Matic
Starter Pedal & Elektrik Pedal & Elektrik

12 thoughts on “Perbedaan Scoopy FI dengan Scoopy-i Club 12 Thailand

  1. Kenapa ya Indonesia selalu ketinggalan bahkan sama vietnam india
    Kalo ada scoopy I club 12 masuk indonesia
    Sy pasti beli
    Kalo pesan langsung ke ahm bisa…. berapa harganya
    Tks

Silahkan Komentarnya, Mumpung Gratis

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s