Review Kejadian Yang Bakal Jadi Sejarah MotoGP, Phillip Island Australia 2013


phillip island australia

Jebreeett!! Banyak drama yang kita saksikan di GP Australia 2013 ini. Sirkuit Phillip Island menjadi saksi balapan yang menarik sekaligus menegangkan. Aturan khusus yang dicetuskan Race direction bikin heboh dunia ghaib pecinta balap. Ya gimana gak heboh bro, pertama kalinya dalam sejarah sih. Aturan yang bikin kita wajib nonton untuk menjadi saksi sejarah MotoGP.

Apaan aturannya? Race Direction membuat beberapa poin aturan khusus untuk sirkuit Phillip Island ini dikarenakan sirkuit ini punya aspal baru. Bridgestone mengklaim ban tak akan tahan untuk diajak geber sampai lap ke 27, sehingga perlu adanya pergantian ban di tengah balapan berlangsung. Intinya, tak lain tak bukan aturan ini tujuannya untuk menghindari para rider crash atau jatuh. Demi keselamatan semua rider, akhirnya regulasi baru pun diberlakukan. Berikut cuplikan poin-poin aturan khususnya.

It has therefore been decided to make the following changes to the MotoGP™ class race in the interests of safety:

1. The race distance will be 19 laps (originally scheduled to be 27).

2. Every rider will be required to enter the pits and change to his second machine with fresh tyres at least once during the race. In normal circumstances this means that the rider must change machine only at the end of Lap 9 or Lap 10.

3. No rider is permitted to do more than ten laps on any one slick or wet rear tyre. This means that a bike/tyre change before Lap 9 would require a second bike/tyre change to finish the race.

4. The above procedure is valid for a dry race or a race that starts in wet conditions. Clearly in a wet race the rider will change to a bike with wet tyres.

5. If the race is started in dry conditions and it then rains the race will be stopped with a red flag. The restarted race will be for the number of laps required to complete 19 laps, but with a maximum of ten laps and a minimum of five laps.

6. Riders using ‘Factory’ and ‘Satellite’ machines will be required to use the ‘hard’ option tyre (B51DR). Extra quantity will be allocated by Bridgestone.

7. Riders using CRT machines will be required to use the CRT ‘hard’ option tyre (B50DR). Extra quantity will be allocated by Bridgestone.

8. The pit lane speed limit zone will be extended both on entry and exit and the exit route to rejoin the track will be marked by a white line in the runoff area. Crossing this line whilst rejoining the track from pit lane will result in a penalty.

Pengurangan lap

Sebelumnya secara official telah diumumkan bahwa MotoGP mendapat pengurangan lap yang seharusnya 27 lap menjadi 26 lap. Tetapi secara tiba-tiba pengurangan lap untuk MotoGP diralat menjadi 19 lap sesaat beberapa jam sebelum race MotoGP. Konfirmasi pengurangan lap ini juga di publish lewat akun twitter @MotoGP. Kebijakan tiba-tiba ini cukup bikin geger secara kebijakannya yang mendadak diubah dan lap yang terlalu banyak dipangkas membuat durasi tontonan MotoGP semakin sedikit. Mungkin khawatir akan terjadi hal tak diinginkan bagi para rider menjadi alasan pemotongan lap menjadi 19. Tak apalah, yang penting tujuannya untuk para rider itu sendiri.

Penggunaan Pitstop

Gak seperti F1, Pitstop MotoGP dilakukan sekaligus mengganti mesin motor. Walaupun inti yang sebenarnya hanya untuk mengganti bannya saja. Para rider diharuskan masuk ke pit pada lap ke-9 atau ke-10 dari 19 lap pada race ini. Tentu ini menjadi sejarah MotoGP karena baru pertama kali dilakukan hal seperti ini. Widiw gimana tuh rasanya para rider jadi angkatan pertama yang pernah nyicipin pake pitstop😀

pitstop pedrosa

Penalty Dani Pedrosa karena melanggar speed limit zone

Dani Pedrosa lebih dulu masuk pit dari rider-rider yang lainnya. Tapi ingat, aturan khusus di GP Australia ini mengharuskan para rider tidak melebihi batas kecepatan saat melewati pit lane. Speed limit zone pun diperpanjang sebelum dan sesudah area pit. Terlihat Dani ngerem mendadak pas ngelewain rambu limit kecepatannya. Tapi apalah daya, Pedrosa kelewat nyelosor ke dalam zona limit tersebut. Pedrosa akhirnya mendapat penalty atas insiden tersebut berupa penurunan satu posisi di tengah balapan.

Black Flag untuk Marquez

black flag marquez

Sial menimpa sang rookie muda ini. Regulasi mengenai pergantian mesin di pitstop menyatakan bahwa rider harus mengganti mesn motor pada lap ke 9 atau ke 10. Lorenzo dan Marquez masih duel di lap 9 dan terus berlanjut hingga lap 10 akhir. Lap ini merupakan lap terakhir untuk masuk ke pit. Lorenzo pun masuk ke pit tetapi tidak untuk Marquez. Marquez terus melaju memantapkan posisi pertamanya. Pada lap ke-11 barulah Marquez memasuki pit. Kesalahan tim membuat Marc mendapat hukuman black flag yang membuatnya didiskualifikasi dalam race kali ini. Poin pun hilang sia-sia.

Doni Tata mendapat poin pertamanya

doni tata

Setelah race dari awal musim 2013 sampai sekarang, akhirnya Doni Tata mendapat poin pertamanya di sirkuit Philip Island ini. Rider kebanggaan Indonesia ini mendapat urutan ke-15 dalam race yang membuatnya mendapatkan 1 poin. Yaah walaupun cuma 1 poin, masih tetap patut kita apresiasi lah. Rafid Topan juga menjadi harapan kita bersama untuk semakin meningkatkan prestasinya di ajang internasional ini. Cukup menampakkan hasil positif lah daripada yang biasanya Doni Tata hampir selalu mendapat urutan 20 besar atau malah gagal finish😀 Maju terus rider Indonesia!! Optimis suatu saat kita bisa punya perwakilan Indonesia untuk jadi juara dunia di kelas utama MotoGP!!

Okeh… itulah beberapa drama yang luar biasa di Philip Island MotoGP 2013 kali ini. Semoga balapan berikutnya semakin seru untuk kita tonton bersama. Ada yang kecewa, ada yang bangga. Semua kembali pada idolanya masing-masing:mrgreen: Poin semakin sengit, prediksi semakin sulit.

marquez, lorenzo

Silahkan Komentarnya, Mumpung Gratis

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s