Jangan Remehkan Permintaan “Email Alternatif” Dari Facebook


logo facebook

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pakabar sayang kalian? Semoga sehat fisik, batin, dan dompet. Ngomong-ngomong, saya mau cerita dikit tentang Facebook. Waduh, kenapa kok ngomongin Facebook? Kan banyak yang bilang kalau mainin Facebook udah ketinggalan jaman… bahkan sampai dibilang alay:mrgreen: Hilangkan pemikiran itu sebentar karena media sosial ini juga penting. Tiap media sosial punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihannya lah yang menjadi pilihan kita untuk tetap menjalankannya. Bahkan menjadi hal yang sulit kita terima kalau account Facebook kita hilang atau gak bisa digunakan lagi. Loh kok bisa gitu??

Sayang banget kan kalau akun FB kita yang udah kita rintis sejak lama tiba-tiba gak bisa kita pake lagi. Itulah yang terjadi pada saya. Minggu lalu saya coba login FB lewat PC. Masukin email dan password lalu tekan “enter”/login. Eeeehh… ternyata oh ternyata ada yang ngubah password diriku!!

facebookGak kebayang ternyata ada juga yang iseng ngeubah password aku😦 Jam 4 pagi pulak tuh diubahnya. Apa coba yang ada di pemikiran orang yang ngeubah passwordku. Mau baca inboxnya?🙄 gak layak deh kayaknya akun itu di hack, toh gak ada apa-apanya. Analisis yang kedua, mungkin terjadi error pada masalah email saya. Mungkin aja karena eror, password diketik apapun gak akan bisa masuk. Mungkin lho ya..hem.

Oke, gak tinggal diam disitu. Saya coba ikuti alur petunjuk dari Facebook. Saya tekan “click here” (yang dilingkari merah pada gambar) terus muncul lagi pernyataan Facebook kayak gini:

facebook 1

Disitu muncul 2 pilihan, Reset My Password dan Lock My Account. Kalau pilih Lock My Account, maka akun FB ente bakalan dihilangkan dari peredaran Facebook (seperti di “hidden/sembunyikan”) jadi teman-teman yang pengen mencari anda atau orang yang mau nge-add anda bakalan gak bisa karena profilnya nggak muncul. Tapi saya pilih “Reset My Password” dulu untuk bisa ngembalikan akun FB saya. Dan setelah diklik, muncul lah seperti ini:

fb 2

Nah, Facebook akan mengirimkan link untuk bisa mereset password melalui email yang dijadikan untuk membuat Facebook dulu. Dan masalah baru pun muncul. Saya ingat kalau email yang ini udah mati ntah tahun kapan. Nasib oh nasib. Saya coba login email berkali-kali, tetep juga nggak bisa. Bahkan dilarang login ke email tersebut karena udah melebihi batas kegagalan me-login email… jadinya disuruh nunggu 24 jam baru bisa coba login kembali. Ampun ooommm…

Seandainya email saya bisa di login (kalau aja email itu masih idup😦 )  nanti FB akan mengirimkan link ke email tersebut dan berisikan kode yang terdiri dari 6 digit. Istilahnya “Code Generator”. Lalu kode tersebut kita masukin ke kotak seperti gambar dibawah:

fb 3Kalau udah dimasukin, reset password berhasil dan bisa gunakan Facebook seperti biasanya. Tapi nggak untuk diriku. Saya kehilangan akun FB yang udah lama saya bikin. Banyak sejarah disitu seperti postingannya, fotonya, teman-temannya. Sekarang…hilang sudah (lebay). Mau gak mau harus bikin facebook baru lagi dan dimulai dari awal😦

Mau seperti saya?:mrgreen: Sebenarnya ini cuma kelalaian masalah sepele. Pernah diingatkan facebook untuk memasukkan email alternatif? Ya buat jaga-jaga manatau emailnya mati (kayak saya) atau emailnya tiba-tiba lupa password, masih ada cadangan email lainnya yang bakalan menjadi penyelamat akun FB kita. Saya sih udah diingatkan facebook dari dulu udah lama. Peringatannya selalu muncul setelah kita tekan login. Tapi gak saya tanggapi karena malas bikin email lagi. Kebetulan email saya udah banyak, jadi makin bingung nantinya.

Itulah solusinya. Jangan remehkan peringatan untuk memasukkan email alternatif. Masukkan saja emailmu yang lain untuk jaga-jaga. Mencegah lebih baik daripada mengobati, ya kan? Sampai disini aja dulu, selamat memasukkan email alternatif😀

Silahkan Komentarnya, Mumpung Gratis

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s