Tau Nggak Dispenser Seperti Ini Bisa Menyerang Kesehatan?


dispenser

Ini cuma cover, bukan dispenser berbahaya

Dispenser? Apaan sih kok malah ngomongin dispenser segala? Tapi tunggu dulu.. jangan berpikir kalau pembahasan kali ini nggak ada gunanya. Minimal ya menjadi pertimbangan untuk kedepannya. Pertimbangan mengenai masalah kesehatan kita. Lho..emang ada apa? Dispenser spesies apa yang mempengaruhi kesehatan??

Tenang…bukan karena dispensernya yang mengeluarkan racun. Tapi karena kebiasaan kita yang membuat bakteri masuk ke tubuh dan juga karena desain dispenser itu sendiri. Langsung aja daripada berbelit-belit, cekidot bentuk dispenser yang satu ini:

IMG-20131205-01935

Nah.. dispenser model ini paling enak dipake dan paling sering kita jumpai di rumah atau di kantor. Tuas untuk mengeluarkan air mineral ke dalam gelas berada di bawah sehingga kita mudah untuk menuangkan air ke dalam gelas. Cukup dorong gelas ke arah tuas lalu tuas otomatis mundur ke belakang yang membuat air meluncur ke dalam gelas. Kurang lebih posisinya seperti ini:

dispenser 3

ujung gelas langsung nyentuh tuasnya..

Pernah gak berpikir kalau tuas dispenser itu bersih? Aku rasa udah gak bersih 100%. Tuas udah pasti nyentuh banyak gelas yang udah dipake banyak orang. Dan gelas itu kita pake buat minum…otomatis bibir menyentuh ujung gelas. Belum lagi tuasnya udah kena tangan orang lain yang pernah memegangnya. Ditambah lagi dispenser di tempat umum atau kantor. Waduh…berapa gelas tuh yang udah nyentuh tuasnya:mrgreen: Dan tentu saja tuas dispenser gak pernah dicuci. Paling cuma 1 dari sekian ratusan juta orang yang pernah nyuci tuas dispenser pake sabun.. itu pun kalo emang beneran ada:mrgreen: Jadi tuas dispenser bisa dibilang nggak bersih nih.

Solusi pasti tetap ada. Salah satunya jangan lagi menggunakan metode ‘malas’ yang artinya gelas cukup tinggal sorong ke arah tuasnya. Gunakan tangan kita untuk mendorong tuas dispenser ke belakang atau bisa juga ke arah atas. Kalau pake tangan, gelas gak akan bersentuhan langsung dengan tuas. Bakteri pun bisa kita hindarkan…

Cara kedua…ganti dispenser!:mrgreen: Masih banyak model dispenser selain yang kayak tadi. Dan harganya juga bervariasi mulai dari murah, mahal, dan mahal banget. Kalau yang mahal mungkin modelnya gak seperti itu. Tapi ada juga yang murah (bisa dibilang kelasnya sama lah..) yang bisa menghindarkan kita dari metode ‘malas’ tersebut. Kayak apa modelnya? Ini nih yang begini:

dispenser 4

maksa fotonya.. gelap😀

Nah kalau seperti ini kan mau nggak mau harus tetep menggunakan tangan. Tapi sepertinya model dispenser ini model jadul. Kayaknya model ini mulai ditinggalkan dan produsen mulai beralih ke dispenser dengan tuas tinggal sorong. Tapi nggak penting kok mau modelnya kayak apa. Yang penting kita tetap memperhatikan kebersihannya. Kalau bisa jangan lagi menggunakan gelas untuk mendorong tuas karena kita gak tau berapa banyak bakteri yang ngumpul di tuas itu.

Okelah…cukup sampai disini analisanya. Ane gak ada maksud menjelekkan modelnya dan bukan penjual dispenser. Karena pernah terlintas dipikiran, ane coba bagikan ke dalam blog ini. Kebetulan dispenser di rumah ane yang model jadul, tuasnya harus digerakkan pake tangan (kayak gambar yang terakhir). Begitu pake dispenser yang model sorong, langsung berasa feel nya beda. Agak nggak biasa aja nyentuhin ujung gelas langsung ke tuasnya. Akhir kata…semoga kita sehat lahir dan batin…Aamiin.

17 thoughts on “Tau Nggak Dispenser Seperti Ini Bisa Menyerang Kesehatan?

Silahkan Komentarnya, Mumpung Gratis

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s