Tinggi Raja, Kawah Putih Ala Sumatera Utara (Part 2)


tinggi raja - sungai

Jalan-jalan kali ini balik lagi ke Tinggi Raja..tempat wisata yang menampakkan keindahan air panas yang keluar dari atas bukit. Ya kurang lebih katanya kayak kawah putih di Bandung. Berhubung karena traffic pencarian tentang tinggi raja ini makin meningkat, yaudah deh aku launching nih artikel tentang tinggi raja part 2 (udah kayak sinetron aja nih pake acara bersambung) mayan jalan-jalan murah meriah. Langsung aja cuy kita bahas…

Di artikel sebelumnya, aku juga ngebahas gimana rutenya menuju kesana. Medan – Lubuk Pakam – belok kanan arah Dolok (persimpangan yang ada tugu di kota Pakam) – belok kanan arah Bangun Purba – lurus aja ikutin jalan besarnya. Nah dari sini bagusnya sih pake GPS manual aja alias tanya ke warga sekitar dimana letak Tinggi Raja:mrgreen: Soalnya susah bilangnya kalo disini, gak ada tanda khusus yang menandakan kalo disitu ada pertigaan menuju Tinggi Raja. Kurang lebih penampakan pertigaannya seperti ini

tinggi raja - rute

gak ada tanda khusus. Cuma ada warung di sebelah kiri dan baliho caleg di sebelah kanan

Ketika belok kiri, ketika itu juga aspal berakhir. Jalan naik turun berbatu bin kerikil siap menghiasi perjalanan. Tapi menurutku pribadi udah lumayan bagus jalannya. Di jalannya udah ada tapak ban mobil, jadi jalanan gak terlalu berbatu. Gak kayak waktu pertama kali kemari, jalannya dulu parah. Jalanan belum ada tapak ban mobilnya jadi batu-batu gak bisa dihindari. Dijamin bokong loncat-loncat di jok.

tinggi raja - jalan

udah ada bekas tapak ban mobil

Lumpur pun udah mulai ngilang. Mungkin udah dibenerin sama warga sekitar yak… Dulunya sih asal ada tanah pasti tanahnya lembek dan beberapa titik lokasi berlumpur. Untungnya sekarang jalanan ke TKP udah gak separah dulu lagi.

tinggi raja - jalann

Sampai di lokasi, gubuk-gubuk tempat jualan di pintu masuk udah di bongkar. Katanya sih mau di tertibkan. Ya baguslah kalau alasannya untuk lebih baik…untuk memajukan fasilitas pariwisata Indonesia khususnya di Sumut. Masuk ke lokasi, naik bukit dikit, Subhanallah…bisa juga ngeliat pemandangan Tinggi Raja untuk yang kedua kalinya.

tinggi raja - view

tinggi raja - view1

Tapi ada yang beda nih. Airnya pas aku datang kayaknya makin naik. Aku coba bandingin dengan pertama kali kemari, masih ada spot foto-foto di pinggirannya. Loh kenapa sekarang kok gak ada lagi ya? Airnya nambah banyak nih…udah berkeluarga:mrgreen:

Airnya makin naik pas aku datang yang kedua kali

Airnya makin naik pas aku datang yang kedua kali

Puas ambil foto (dan difoto😀 ) lanjut turun bukit menuju sungai. Ini yang beda di artikel part 2 ini. Sebelumnya aku gak turun ke sungai karena di sungainya udah kayak pasar malam. Mau ngapa-ngapain pasti susah. Mau foto eh malah nampak badan orang lain. Mau main aer di sungai eh udah penuh sama orang. Alhasil gak jadi turun ke sungainya. Kebetulan pas aku datang untuk yang kedua kalinya, sungainya sepi orang. Asiik ini baru pas nge-enjoy alamnya.

tinggi raja - sungai

tinggi raja - sungai 2

tinggi raja - sungai 3

Keren? Pasti! Yang turun dari atas bukit itu air panas, terus ngalir ke aliran sungai yang ada dibawahnya. Sungainya tetep dingin kok, gak ikutan panas. Ayo yang mau mandi silahkan bawa perlengkapan mandinya dari rumah😀

Gak terasa udah hampir sore, waktunya pulang…nanti mamak nyariin. Sebelum langsung pulang, singgah dulu ke lokasi yang salah satunya ngeluarin air panas juga. Bentuknya kayak kawah gunung berapi, tapi lebih kecil dan ngeluarin air panas. Dan ternyata udah di pasang tanda bahaya nya. Bahaya disini bukan berarti ada anjing galak, tapi karena dinding sekitarnya terlihat tipis dan rapuh. Jadi dilarang keras orang menginjakkan kaki di area berbahaya. Bisa-bisa malah amblas…

tinggi raja - kawah

tinggi raja - kawah 2

Oke sekian dulu cerita part 2 tentang Tinggi Raja. Gak menutup kemungkinan juga kalau ada part 3 nya:mrgreen: ya manatau ada yang menarik lagi di sana. Ya nggak? Iya lah bilang…

Semoga yang belum kesana bisa kesana. Karena lokasi ini udah makin digemari anak Medan dan sekitarnya. Ada tambahan nih nasehat dari warga sekitar Tinggi Raja:

Ke Tinggi Raja bagusnya itu hari-hari biasa (Senin-Sabtu). Kalau hari minggu atau libur mending klen gak usah datang. Mau foto-foto pun gak bisa..

Ngerti kan? Kayak yang aku bilang tadi, hari minggu ramenya bukan main. Mau nikmatinya pun gak bisa 100% puas. Jadi kalau mau datang masih lebih baik hari Sabtu dibanding hari Minggu. Sekian dulu sharenya, selamat menikmati.

tinggi raja - wawak

22 thoughts on “Tinggi Raja, Kawah Putih Ala Sumatera Utara (Part 2)

  1. Pingback: Tinggi Raja, Kawah Putih Ala Sumatera Utara | Mhd.Haris Blog

  2. aku udah kesana kemarin tangal 30 desember 2013. setuju deh tempatnya memang cantikkkkkk banget. pokoknya lebih indah dari yang ada di foto. memang sih jalan menuju kesana jelek dan bikin sakit badan, tapi setelah sampai disana, rasa capek hilang semuanya terbayar dgn keindahan kawah putih. tapi memang sayang disayangkan ada orang2 yang membuang sampah sembarangan -_-
    semoga ke depannya pemerintah lebih memperhatikan pariwisata, khususnya daerah sumut. yang blom kesana ayo cepatan kesana. hehehehe

    • masuk ke kota lubuk pakam terus belok kanan ke arah dolok. Abis itu ada pertigaan belok kanan ke arah bangun purba. Dari situ mending tanya warga sekitar aja soalnya gak ada tanda2 arah ke tinggi raja

  3. Aq jg dh kesana… Memang sih t4 ny bgus… Tpi banyak preman ny, blum sampai tujuan aja dah abis 25rb akibat d palakin, bagi yg mw ksana hati2 deh… Blum lg klu ujan, jln ny licin…

  4. Keren blog ny bng, asli sumut bngt bahasanya, tengkyu bgt info ny bng mudah2n q jugak bs bw kwn2 nge bolang ke tinggi raja, sidamanik,dan sekitar,

  5. Subhanallah bagusnya.. saya terinspirasi darisini untuk tugas akhir kuliah saya, saya buat koleksi baju dengan asal wilayah Sumatera. Sempat buntu mau cari inspirasi tempat apa yang ada disumatera, dan saya nemu ini. Saya ambil bukit kapurnya warna putih-cream untuk warna koleksi baju. saya juga sertakan Print tekstil bukit ini.. Saya jg pernah liat di Tv, acara jalan2. Worth bgt. makin byk yg ngelirik. Pemerintah jg smoga smakin concern lahya. Semoga tempat ini semakin baik, bersih, semakin terawat dan jadi next place to go bule buat visit Indonesia.

Silahkan Komentarnya, Mumpung Gratis

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s