Harga BBM Non Subsidi di Malaysia Lebih Murah Dibanding Indonesia


pompa bbm

Cukup bikin terkejut juga ngeliat berita dari detik. Ternyata, Indonesia masih merogoh kocek lebih dalam untuk membeli BBM dibandingkan dengan negara tetangga Malaysia. Yaah walaupun dulu Indonesia pernah menjadi negara pengekspor BBM dan punya kekayaan alam yang melimpah, ternyata sekarang dari segi harga beli Indonesia masih kalah dari Malaysia.

Gimana nggak kaget, di Malaysia aja BBM jenis RON 95 diperuntukkan untuk golongan tidak mampu dengan harga Rp 7.500/liter dan harga tersebut udah disubsidi pemerintah. Harga non subsidinya Rp 7700/liter. Kalau dibandingkan dengan Indonesia, BBM jenis ini sekelas sama Pertamax Plus. Harganya berkisar antara Rp13.000 s.d. Rp 14.000 dengan harga berbeda di tiap kota.

Karena RON 95 hanya untuk golongan yang tidak mampu, maka Malaysia memperuntukkan RON 97 untuk golongan mampu alias yang berkendaraan mewah. Maknyusss selagi Pertamina belum ada jualan RON 97, eh di Malaysia udah jualan dengan harga Rp 10.000 tanpa subsidi. Jangankan RON 97, Pertamax Plus aja yang RON 95 sulit dicari karena cuma ada di beberapa SPBU doang.

Kalau kita lihat dari segi harga, Malaysia dengan modal Rp 10.000 bisa membeli 1 liter BBM jenis RON 97. Sedangkan di Indonesia, dengan modal yang sama Rp 10.000 cuma bisa beli BBM jenis RON 92 (Pertamax) gak nyampe satu liter. Kedua jenis BBM tersebut sama-sama non subsidi tapi Indonesia kenapa mahal yak harga BBMnya?

Ntahlah…yang pasti aku nggak tahu kenapa bisa lebih mahal. Bisa jadi  karena ada pajak lainnya yang dikenakan atau biaya yang dikeluarkan lebih besar dibandingkan Malaysia. Masih ada kemungkinan lainnya yang mungkin kita tidak tahu. Oke…mudah-mudahan untuk ke depannya masyarakat Indonesia bisa merasakan harga BBM non subsidi dengan harga yang lebih bersahabat. Dan tetep kita ingat, BBM yang pasti akan semakin langka dan harganya pun akan semakin melambung untuk tahun-tahun berikutnya.

Salam ngirit.

4 thoughts on “Harga BBM Non Subsidi di Malaysia Lebih Murah Dibanding Indonesia

Silahkan Komentarnya, Mumpung Gratis

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s