Air Terjun Dwi Warna… Dua Air Terjun Berbeda Warna


Air Terjun Dwi Warna 11

Awal bulan Februari lalu, aku jalan-jalan lagi… kali ini ke daerah Sibolangit, Sumatera Utara. Menuju ke lokasi air terjun di sana, yang mempertemukan 2 air terjun kemudian bersatu menjadi satu sungai. Namanya sudah familiar, yaitu Air Terjun Dwi Warna atau Dua Warna.

Lokasi berada di belakang tempat yang biasa dijadikan perkemahan Pramuka, Sibolangit (aku kurang tau apa nama tempat Pramuka itu:mrgreen: ) Kalau udah masuk situ, tanya aja dimana pos ranger Dwi Warna, nanti bakalan dikasi tau. Udah nyampe di pos, langsung parkirkan kendaraan. Perjalanan menuju Dwi Warna akan ditemani Ranger (bukan ranger merah, pink, dll), yaitu orang yang mendampingi kita untuk menunjukkan arah menuju air terjun. Kalau yang udah hafal dengan jalur treknya, ya silahkan saja gak usah pake ranger. Tapi dilarang keras coba-coba nggak pake ranger tanpa keahlian khusus, bisa-bisa malah nyasar di hutan. Tarif rangernya Rp 200.000 / 8 orang.

Dulu aku udah pernah kesana tahun 2012. Kondisinya nggak jauh beda dengan yang pertama kali aku datangi. Perjalanan ke Air Terjun Dwi Warna dikenal dengan treknya yang bikin kaki pegal-pegal. Untuk yang pertama kali kemari ya mungkin bakalan terkejut. Siap-siap aja ngelewati hutan selama 2 – 2,5 jam dengan jalan kaki. Jalanan pun nggak semulus jalanan komplek, ada naiknya, manjat-manjat dikit, turunan curam, lumpur. Yaah namanya juga ngelewatin hutan, pasti bakalan seperti itu trek yang dilewati.

Air Terjun Dwi Warna 4

Air Terjun Dwi Warna 5

Air Terjun Dwi Warna 7

Kalau sekarang sih, menurutku treknya udah lebih baik. Jalanan berlumpurnya udah dikit, nggak kayak dulu.. dimana-mana lumpur, banyak bangke sepatu karena jadi korban lumpur. Mungkin karena faktor musim hujan juga yak, mungkin daerah ini kayaknya udah jarang kena hujan deras, jadi tanah nggak terlalu lembek. Tapak pejalan kaki juga udah terlihat jelas selama perjalan, nggak kayak dulu yang masih buram..nggak fokus bisa-bisa malah nyasar.

Udah puas jalan kaki 2 – 2,5 jam, kini saatnya balas dendam nikmati indahnya air terjun Dwi Warna! Wuusshhh airnya biru cuy. Tenang rasanya nikmati air terjun ini… gak terasa lagi tuh capeknya jalan kaki tadi, udah terlanjur hilang karena udah puas nyampe di sana. Di lokasi ini, ada 2 air terjun. Yang satu airnya biru dan dingin, dan yang satu lagi airnya jernih dan suhu airnya biasa saja. Kedua air terjun ini mengalirkan airnya dan airnya bersatu membentuk satu sungai. Itulah makanya air terjun ini disebut air terjun dwi warna atau air terjun dua warna.

Air Terjun Dwi Warna 1

Air Terjun Dwi Warna 9

sebelah kanan, ada air terjun air jernih dengan suhu air biasa saja

Air Terjun Dwi Warna 10

sebelah kiri, ada air terjun air biru dengan air bersuhu dingin

Udah puas foto-foto dan mandi, gak terasa udah 2 jam lebih disana. Langsung siap-siap lagi berhadapan sama trek yang tadi. Yang stress karena harus kembali berhadapan sama treknya pasti bakalan mikir “gak ada angkot lewat sini? Aku mau naek angkot ajalah”:mrgreen: Kalau ada angkot lewat pasti laris manis si angkot. Tapi kenyataan harus di terima, jalan kaki 2 jam lebih adalah jalan satu-satunya.

Sampai di pos, lega rasanya. Sekarang tinggal nikmati pegal-pegalnya aja. Tapi yang namanya juga suka jalan-jalan gini pasti senang rasanya.. apalagi kalo rame-rame, bisa meminimalisir capek karena keasyikan ngobrol pas di jalan. Sekalian aja bawa stand up comedian biar ketawa:mrgreen:

Nah, terkadang persiapan yang dibawa ke air terjun dwi warna ada yang terlupakan dan ada yang kelebihan. Aku akan berikan poin yang perlu dipersiapkan ke air terjun dwi warna. Ini dia:

  • Pake sepatu/sendal gunung. Jangan pake sendal jepit, sepatu kets, dan sepatu hak tinggi pencakar langit kalau sepatunya nggak pengen jadi bangke disana. Dan jangan pake sepatu/sendal yang tapaknya sudah gundul karena nantinya potensi terpeleset akan lebih sering.
  • Kalau bisa pake tas ransel. Diusahakan kedua tangan kita tidak membawa apapun, tidak membawa plastik belanjaan, cemilan, dsb. Semua barang kita taruh dalam tas.
  • Pakaian ganti dibawa seperlunya saja. Biasanya sih perempuan yang suka bawa banyak perabotan. Jangan terlalu banyak bawa pernak-pernik, karena ujung-ujungnya yang bawa nanti adalah teman laki-lakinya:mrgreen:
  • Bawa makan siang atau snack ringan. Di sepanjang hutan gak ada indomaret, alfamart, alfamidi. Jadi persiapan untuk makan siang harus dibawa sebelum masuk ke hutan. Di lokasi air terjun hanya ada lapak penjual pop mie, snack, dan minuman hangat.
  • Bawa kunci ganda khususnya pengendara sepeda motor. Walaupun tempat parkir di pos aman dan dijaga, tetap aja kita harus memperhatikan hal ini. Lebih baik mencegah daripada mengobati
  • Bawa kamera (yang ini kayaknya udah tau semua)
  • Datanglah secepatnya jika ingin berlama-lama di air terjun dwi warna. Karena ranger disana menyarankan harus kembali ke pos paling lama jam 4 dari lokasi air terjun. Karena kalau udah gelap, bisa berbahaya kalau berjalan di hutan.

Air Terjun Dwi Warna 3

Oke… semoga kepingin bagi yang belum pernah kesana. Dan semoga yang udah pernah kesana bisa sering-sering kesana bawa temennya yang belum pernah😀 Sekian dulu sharenya, selamat menikmati.

25 thoughts on “Air Terjun Dwi Warna… Dua Air Terjun Berbeda Warna

Silahkan Komentarnya, Mumpung Gratis

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s