Air Terjun Pelangi di Sumatera Utara


Air Terjun Pelangi 5

Hari Sabtu kemaren aku sempatkan jalan-jalan ke daerah dekat Danau Linting. Daerah sekitar danau linting ada Air Terjun Tarunggang, Air Terjun Pelangi, Air Terjun Tanjung Raja, dan ada Lau Mentar Canyon. Untuk hari Sabtu kemaren aku pergi ke Air Terjun Pelangi. Daerahnya masih belum banyak yang tau, masih belum membludak kayak Danau Linting. Air Terjunnya dan lingkungannya memang masih asri, harus diakui air terjunnya pun sangat indah. Dinamakan air terjun pelangi aku kurang tau, mungkin pertama kali ditemukan muncul pelangi disana yak😀

Sebelum ngebahas air terjunnya, kita bahas lokasinya dulu. Trek sederhananya menuju Air Terjun Pelangi: Medan – Amplas – Patumbak – STM Hilir – Danau Linting – Air Terjun Pelangi. Mungkin trek menuju Danau Linting udah banyak yang tau. Nah untuk ke Air Terjun Pelangi, tinggal lurus melewati Danau Linting… dengan jarak sekitar 10 km udah bisa ketemu dengan air terjun pelangi. Setelah ngelewati Danau Linting, nanti ketemu pertigaan. Di pertigaan tersebut kemudian belok kanan. Sekitar 2 km bakal ketemu pertitgaan lagi lalu belok kanan. Gak jauh dari situ nanti belok kiri ke arah jalan berbatu sekitar 500m lalu sampailah di tempat tujuan. Bingung?? Pake aja GPS Manual alias tanya ke warga sekitar. Aku aja gak tau tempatnya, modal nekat dan tanya warga sekitar aja. Lebih jelas:mrgreen:

Sampai lokasi, kita bakal turun ke bawah menuju air terjun. Tangga menuju ke bawah udah tersedia seperti di air terjun sipiso-piso. Pemandangan saat turun pun keren uy, ada batu-batu purbakala kayak di pilem-pilem. Batunya pun besar-besar dengan punya corak khas seperti batu jaman dulu. Dan batunya pun seperti abis terkena longsor, berantakan tapi itu yang membuatnya jadi menarik.

Air Terjun Pelangi 2

Air Terjun Pelangi 3

Lanjut terus ke bawah, dan sampailah ke air terjunnya. Wusss airnya jernih..walaupun air terjunnya gak tinggi, tapi lumayan lah menikmti wisata alam murah meriah muntah di Sumut. Waktu aku kesana gak ada orang selain rombongan kami yang cuma 4 orang ini. Alhasil puas main dan foto disana. Berikut gallerynya

Air Terjun Pelangi 8

Air Terjun Pelangi 7

Air Terjun Pelangi 4

Udah puas foto-foto, ternyata tiba-tiba gerimis. Langsung kami naik ke atas singgah sekaligus berteduh di lapak penjual makanan minuman. Hujan pun turun. Sekitar satu jam, hujan pun reda. Kami lihat kembali air terjunnya, keruh cuy. Air sungainya banjir. Nah ini juga yang perlu diingat.. kalau hujan ataupun baru selesai hujan, mending gak usah kesana. Pasti bakal kecewa karena airnya keruh akibat hujan.

Oke… rencana untuk ke air terjun tanjung raja dan lau mentar canyon pun terhenti karena hujan. Takut kecewa disana air bakalan keruh juga, jadi niat kesana pun di batalkan. Mungkin next trip kesana. Air Terjun Pelangi udah cukup bikin senang ngeliat alam yang masih asri. Yang belum kesana silahkan kesana. Modal ongkos bensin dan parkir Rp 5000 udah bisa kesana. Sekian dulu, selamat menikmati.

Air Terjun Pelangi 1

Air Terjun Pelangi 6

Air Terjun Pelangi 5

32 thoughts on “Air Terjun Pelangi di Sumatera Utara

  1. klw dri danau linting kita terus jaln lalu ad simpang tiga klw kita kekanan ad juga loksih asyik th berpotoh nama nya jembatan maut tpi klw kita kekiri ntk ad papan sbesar 3ocm sebagai petujuk jaln ke air trjun lalu ad simpang dua kita belok lalu ad gereja kita belok dan jaln terus ajh pasti sampai lokasih yg asyik cuma karna ruteh y melewati hutan sawit jadi kuran ramai

  2. Hai, Haris!

    Aksesnya harus naik motor atau memungkinkan naik mobil? Dan untuk spot lain seperti Tarunggang, Lau Mentar Canyon, apakah sejalan? Boleh tau rute ke yg lain nggak hehe maaf banyak tanya ada rencana kesana. Terima kasih😀

    Btw, nice shots!

    • hai haifa!

      maap baru buka wp krn sibuk😀 Tarunggan, Danau Linting, Air Terjun Pelangi, Lau Mentar Canyon itu jalannya sejalan. Naik mobil bisa kok tp kalau ke Lau Mentar Canyon blm pernah kesana jadi blm tau kondisi cuacanya😀

  3. memang air terjun seperti inilah yang banyak dicari orang untuk berwisata.. tapi ngomong2 itu debit airnya memang konstan segitu ya? coba airnya lebih deras pasti makin cantik deh..

  4. Pingback: North Sumatra’s Waterfalls | The World Is Not That Big

Silahkan Komentarnya, Mumpung Gratis

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s