Kondisi Jalur Lintas Sumatera Ditutupi Kabut Asap dari Riau


kabut asap dari riau 1

Ngerii… itu yang ada di dalam pikiranku ketika melintasi jalur Lintas Sumatera dari Medan menuju kota Siantar. Bukan karena ketemu nenek joget di tengah jalan, tapi ngeliat sekeliling jalanan udah di tutupi sama kabut asap.

Kabut asap darimana? Tak lain tak bukan ya kabut asap dari Provinsi Riau. Hutan yang terbakar 3000 hektar lebih (data dari detikcom) ternyata sampai menyelimuti ke kota Tebing Tinggi di Sumut. Sebenarnya Medan juga kena, tapi nggak terlalu kelihatan. Nah di kota Tebing Tinggi ini udah terlihat sangat jelas kabut asapnya…

peta lintas sumatera utara

Dari kota Tebing Tinggi menuju Siantar, pekatnya asap tetap terlihat sangat jelas. Nggak kebayang gimana kondisi Riau saat itu. Wajar aja Bandara disana dihentikan operasinya karena jarak pandang yang terbatas. Yang dibikin heran… kenapa kejadian ini kayaknya setiap tahun pasti selalu ada?

Setiap tahun, pasti ada aja judul berita “Kebakaran Hutan di Riau”.. apapun alasannya, tetap aja pasti ada kebakaran. Udah berapa hektar hutan kita terbakar sia-sia. Pohon yang menghasilkan oksigen buat manusia kini semakin hari semakin menipis karena banyak kebakaran hutan dan penebangan liar.

kabut asap dari riau 2

kabut asap dari riau 3

Oke.. semoga kejadian ini mendapat perhatian sangat serius dari Pemerintah. Bukan cuma untuk mengatasi pemadaman hutan, sebaiknya juga dilakukan pencegahan yang serius agar nggak ada lagi judul berita kebakaran hutan. Foto ini aku ambil seminggu yang lalu, sedang menuju ke Kebun Teh Sidamanik. Untuk saat ini, kota Medan udah nggak ada lagi asapnya. Mudah-mudahan kabut asap dari Riau cepat hilang. Sekian dulu, selamat menikmati.

kabut asap dari riau 4

kabut asap dari riau 5

9 thoughts on “Kondisi Jalur Lintas Sumatera Ditutupi Kabut Asap dari Riau

Silahkan Komentarnya, Mumpung Gratis

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s