Perjalanan ke Sabang: Tugu Nol Kilometer Indonesia


tugu nol kilometer sabang 15

Susahnya mencari waktu luang bikin blog ini agak terbengkalai. Niat mau ngeposting tulisan malah nggak ada waktu. Udah ada waktu, eh internet lemot. Ya ini salah satu akibatnya… bahan tulisan udah lama, ngepostingnya baru sekarangšŸ˜€ Oke kali ini aku ngeshare dikit pengalaman jalan-jalan ke Sabang, Pulau Weh di Aceh.

Aseli… ini jalan-jalan bikin terbayang-bayang terus. Indahnya alam disana dan segarnya suasana bikin aku pengen main kesana lagi men. Apalagi masih banyak spot-spot yang belum sempat aku kunjungi karena keterbatasan waktu dan……….. uang:mrgreen: Paling tidak aku udah ngerasain lah spot-spot utamanya selama di Sabang.

Yang pertama menjadi tujuan setelah sampai di Sabang adalah menuju Tugu Nol Kilometer Indonesia. Pertama-tama, persiapkan diri dulu di Pelabuhan Ulee Lheue di Banda Aceh. Di sana ada 2 pilihan untuk nyebrang ke Pulau Weh. Mau naik kapal Feri atau Kapal Cepat. Kalau aku naik kapal Feri, biaya 25 ribu per orang (belum termasuk biaya kendaraan). Perjalanan ditempuh selama 2 jam. Kalau mau naik kapal cepat, biayanya 75 ribu (kalau nggak salah ya, aku lupa) dan perjalanan ditempuh selama satu jam.

DSC_0614 (Copy)

Setelah 2 jam, akhirnya kami sampai di Sabang. Capek men, abis kepanasan di kapal karena nggak kebagian tempat berteduh. Langsung kami cari penginapan dekat dengan pelabuhan Sabang dan berbaring sebentar. Sekitar jam 3 siang, kami gerak menuju Tugu Nol Kilometer. Untuk kesana, kami menyewa sepeda motor dengan biaya Rp 100.000 per motor.

Perjalanannya asik cuy. Bukit sana-sini, aspal mulus, sering jumpa panorama laut, wiih pokoknya pemandangannya keren lah. Tapi perjalanan ke Tugu Nol Kilometer ini jauh juga, kalau nggak salah bisa satu jam lebih dari pelabuhan Sabang. Tapi jauhnya pun asik kok cuy, sepanjang perjalanan indah sekali pemandangannya.

tugu nol kilometer sabang 8

tugu nol kilometer sabang 9

tugu nol kilometer sabang 10

tugu nol kilometer sabang 11

Udah mulai di ujung, jalanan makin sempit. Hati-hati nih kalau udah gelap lewat sini bisa bahaya. Suasana pun udah berganti menjadi pepohonan kayak melibas hutan. Tetep aja keren men…

Dan sampailah kita di tugu Nol Kilometer Indonesia. Gak afdol rasanya ke Sabang tapi belum ke Tugu ini. Tuh banyak tempat spot foto, bisa juga ngeliat sunset dari sini. Di lokasi juga banyak nyediain souvenir khas Pulau Weh.

tugu nol kilometer sabang 2

tugu nol kilometer sabang 5

tugu nol kilometer sabang 13

tugu nol kilometer sabang 14

Oke… itulah cerita singkat tentang perjalanan menuju Tugu Nol Kilometer Indonesia. Masih banyak tempat lain yang akan aku share disini. Aseli sabang keren cuy! Sekian dulu yo, selamat menikmati.

tugu nol kilometer sabang 3

tugu nol kilometer sabang 6

tugu nol kilometer sabang 7

tugu nol kilometer sabang 4

tugu nol kilometer sabang 12

tugu nol kilometer sabang 1

4 thoughts on “Perjalanan ke Sabang: Tugu Nol Kilometer Indonesia

  1. Pingback: Perjalanan ke Sabang: Air Terjun Pria Laot | Mhd.Haris Blog

  2. Pingback: Lomba Blog Pegipegi: BERAWAL DARI TITIK N(0)L INDONESIAAAA!!! | anisameliyani

Silahkan Komentarnya, Mumpung Gratis

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s