Beningnya Sungai Aek Manik di Sidamanik


sungai aek manik 4

Ada satu lagi tempat yang aku kunjungi setelah kebun teh sidamanik dan air terjun bah biak. Mungkin masih banyak yang belum tau tempat yang satu ini. Di sekitaran kebun teh Sidamanik, ada sungai sangat sangat jernih. Aseli, kalo liat langsung pasti terkagum. Nama sungainya adalah Sungai Aek Manik.

Letak sungai ini berada di dalam komplek PTPN kebun teh Sidamanik. Jadi kalo mau kesana harus masuk ke dalam komplek dulu. Rute nya memang agak berbelit, jadi lebih baik di tanya sama warga. Jarak dari pintu masuk komplek menuju sungainya nggak jauh kok, sekitar 5 km aja.

Sungai ini mungkin belum terkespos lebih luas karena letaknya berada di dalam komplek. Nggak ada yang mandi disitu selain orang komplek tersebut… kecuali kami yang dari Medan:mrgreen: Papan penunjuk arah, Pamflet lokasi wisata, atau semacamnya nggak ada di daerah tersebut. Restribusi uang masuk dan segala macamnya belum ada (kalau bisa sih nggak usah ada wkekeke). Tempat parkir dan penjaga parkir juga belum ada.. ini yang bikin khawatir ketika ninggalin kendaraan. Tapi mudah-mudahan aman sentosa lah disana😀

Lanjut… ketika sudah parkirkan kendaraan, kita disambut dengan anak tangga menuju ke bawah. Baru beberapa langkah menuruni anak tangga, langsung kelihatan jernihnya air sungai yang ada dibawah. Wiih aseli masih asri.. kok bisa sejernih itu airnya.

sungai aek manik 2

sungai aek manik 3

Nggak seperti sungai pada umumnya, Sungai Aek Manik ini seperti kolam. Biasanya kan sungai punya aliran air, ada yang deras dan pelan. Tapi di Sungai Aek Manik ini alirannya nyaris seperti tidak ada. Airnya tenang… jadi wajar aja kalau berenang disini bisa puas. Dan sungai ini memiliki mata air, ibaratnya sungai ini seperti hulu yang membuatnya nggak ada aliran sungai.

Oke… mau liat yang bening-bening silahkan datang ke sungai aek manik ini. Tuh air sungainya yang bening, bukan yang lain:mrgreen: Ingat… jangan sampai nggak pakai celana waktu mandi. Karena bakal kelihatan dari luar karena kebeningannya. Sekian dulu, selamat mandi.

sungai aek manik 5

sungai aek manik 6

sungai aek manik 7

sungai aek manik 10

sungai aek manik 8

sungai aek manik 9

sungai aek manik 1

42 thoughts on “Beningnya Sungai Aek Manik di Sidamanik

  1. jernih yah,
    jd inget t4 serupa di daerah asal saya Lombok NTB,
    namanya sarasuta, kawasan pura lingsar narmada.😀
    joss artikelnya

  2. kampung saya disiantar cuma sdh lama pindah ke medan, kami pernah juga ke mual mata dekat daerah situ, tapi aek manik baru tau ini saya.. mual mata katanya sudah dijadikan pabrik air mineral..apa iya

    • kalo mual mata saya malah baru dengar haha jadi kurang tau infonya. Bisa kok bawa anak2 asal diawasi. Soalnya tinggi air sungai yang paling dalam se dada orang dewasa

    • siantar ke sidamanik sekitar 1,5 jam naek motor(kereta😀 ). Air terjun sama aek manik beda arah gan. Patokannya kalau udah sampai di daerah komplek PTPN kebun teh, air terjun belok ke kiri, aek manik belok ke kanan masuk ke komplek PTPN

  3. Pingback: Aek Manik, Sungai Bening yang Wajib dikunjungi di Sidamanik! | BEBASLEPAS.com

Silahkan Komentarnya, Mumpung Gratis

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s